China Kecar- kecir atas Keberadaan Kapal Induk AS di LCS

 China Kecar- kecir atas Keberadaan Kapal Induk AS di LCS


IMPIANNEWS.COM
  - Tensi Amerika dan China terus tinggi. Ada kapal induk Amerika yang datang ke Laut China Selatan. Angkatan Laut China langsung siaga I.

Dua Negara itu sama-sama ingin melindungi assetnya. Amerika berdalih melindungi sekutunya. Sementara China mati-matian mempertahankan wilayah yang kaya sumber daya alam itu.

Keberadaan kapal induk USS Ronald Reagan memang bikin China ketar-ketir. Maklum, USS Ronald Reagan bukan kapal sembarangan.

Kapal induk ini dapat berlayar selama lebih dari 20 tahun tanpa mengisi bahan bakar. Dek penerbangan mencakup areal seluas 18.000 meter persegi.

Saat beroperasi, kapal ini dapat membawa lebih dari 5.500 pelaut dan lebih dari 80 pesawat.

Ketakutan China makin menjadi lantaran USS Ronald Reagan bergabung dengan Carrier Air Wings 5, kapal perusak John S. McCain dan Halsey, serta kapal penjelajah berpeluru kendali Antietam.

“Kami menunjukkan komitmen Amerika untuk mempertahankan akses terbuka ke kepentingan internasional,” kata Komandan Kelompok Pemogokan Laksamana Muda George Wikoff dalam sebuah pernyataan.

Sebelumnya, Presiden China Xi Jinping meminta mariner China meningkatkan kesiapan berperang.

“Fokuskan pikiran dan energi untuk persiapan berperang dan waspada,” katanya sebagaimana dikutip dari CCTV, Selasa (14/10/2020). (*)


Posting Komentar

0 Komentar