Tol Pekanbaru-Dumai Diresmikan, Begini Keterangan Gubernur Riau


IMPIANNEWS.COM 

Pekanbaru, --- Tol Pekanbaru-Dumai telah diresmikan Presiden RI Joko Widodo bersama Menteri Pekerjaan Umum dan Gubernur Riau, Syamsuar pada Jumat (25/09/2020) secara virtual dari istana Bogor. 

"Ya. Alhamdulillah, tol Pekanbaru-Dumai resmi beroperasi. Inilah jalan tol pertama di Provinsi Riau, yang menghubungkan berbagai Kabupaten/Kota, dengan panjang 131,5 Km. Peresmian jalan tol dilakukan pertama kali secara virtual oleh Bapak Presiden Joko Widodo,"terang Syamsuar pada Sabtu (26/09/2020) melalui fanpage pribadinya. 

Melalui jalan tol ini, jarak tempuh Pekanbaru-Dumai dapat terpangkas dari sebelumnya 4 jam menjadi hanya 2 jam saja.

Jalur tol ini memiliki enam buah simpang susun dan lima buah terowongan gajah di kawasan konservasi. Sehingga saat melintas di jalur tol ini, kita juga bisa melihat satwa liar tetap hidup bebas di habitatnya.

Tol Pekanbaru-Dumai terdiri dari 6 seksi yaitu Seksi 1 Pekanbaru - Minas (9,5 km), Seksi 2 Minas - Kandis Selatan (24,1 km), Seksi 3 Kandis Selatan - Kandis Utara (16,9 km), Seksi 4 Kandis Utara - Duri Selatan (26,5 km), Seksi 5 Duri Setalan - Duri Utara (29,54k m), dan Seksi 6 (Duri Utara - Dumai (25,05 km). 

Tol ini juga akan dilengkapi dengan 10 Tempat Istirahat dan Pelayanan (TIP), 5 TIP arah Kota Pekanbaru dan 5 TIP lainnya arah Kota Dumai.

Saat ini jalan tol Pekanbaru-Dumai masih gratis. Namun bagi masyarakat yang melintas tetap harus melakukan tapping dengan menggunakan kartu uang elektronik. Ingat! Tetap terapkan protokol kesehatan jika melakukan perjalanan.

"Dengan adanya jalur tol Pekanbaru-Dumai ini, semoga memberi manfaat bagi masyarakat menuju Riau lebih baik. Manfaatkanlah infrastruktur ini sebaik-baiknya. Jadikan modal untuk mengembangkan lebih banyak lagi peluang usaha dan sarana untuk meningkatkan pemerataan kesejahteraan masyarakat,"harap Syamsuar.(014)


Posting Komentar

0 Komentar