Tiongkok dan Taiwan Semakin Tegang, AS Buat Fasilitas Perawatan F-16



Tiongkok dan Taiwan Semakin Tegang, AS Buat 
Fasilitas Perawatan F-16

Kabar Buruk Bagi China, Taiwan-AS Buat Fasilitas Perawatan F-16 untuk Antisipasi Serangan Beijing /Taiwan News

IMPIANNEWS.COM (Taiwan)

Negara Taiwan dan Tiongkok kini semakin tegang, usai Taiwan-AS mulai bekerja sama pasang 'perisai'.

Perusahaan Pengembangan Industri Aerospace yang bermarkas di Taichung dan perusahaan pertahanan AS Lockheed Martin melakukan nota kesepahaman.

Hal itu terkait peresmian pusat pemeliharaan F-16 di Kota Taichung, Taiwan tengah.
Diharapkan selama 30 tahun ke depan hal itu menghasilkan output sebesar NT $ 79,5 miliar (US $ 2,7 miliar), menghasilkan lebih dari 600 pekerjaan per tahun dan keuntungan industri secara keseluruhan hingga NT $ 200 miliar.

Pusat tersebut diatur untuk secara signifikan mengurangi waktu pemeliharaan dan meningkatkan ketersediaan pesawat tempur F-16 Taiwan.

Ini akan meningkatkan kemampuan tempur angkatan udara dan memastikan keunggulan di langit di garis depan pertahanan nasional.

Dikutip dari Taiwan Today, pusat itu juga menggambarkan tekad pemerintah untuk mempertahankan wilayah Taiwan dan mendukung sistem senjata asli.

Beberapa contoh terbaru adalah program kapal selam, jet latih canggih Brave Eagle dan pelacakan cepat proyek konfigurasi ulang F-16, tambahnya.

Presiden Tsai Ing-wen mengatakan pada 28 Agustus 2020 bahwa pemerintah memperkuat kemampuan pertahanan Taiwan sebagai bagian dari upaya untuk menjaga kedaulatan nasional serta perdamaian dan stabilitas regional.

Menurutnya, perdamaian dengan negara lain itu tergantung dengan pertahanan nasional.

Hubungan ini juga menciptakan kondisi untuk upaya terkait untuk mempromosikan pengembangan industri dengan menyiapkan rantai pasokan, melakukan transfer teknologi, dan memperdalam kumpulan bakat negara.

Tsai mengatakan ke depannya, AIDC dan Kementerian Urusan Ekonomi dan Pertahanan Nasional akan mengungkap langkah-langkah yang bertujuan mendorong lebih banyak perusahaan lokal untuk berpartisipasi dalam fungsi pemeliharaan dan produksi pusat.***