Pisah Sambut Kapolres Payakumbuh, Haru

IMPIANNEWS.COM 
Payakumbuh, --- Upacara pedang pora warnai pisah sambut Kapolres Payakumbuh dari AKBP Dony Setiawan SIK MH kepada adik lettingnya AKBP Alex Prawira, SH, S. IK.

Didampingi Ketua Bhayangkari, upacara pisah sambut, Selasa (01/09/2020) bertepatan dengan Dirgahayu Polwan dilangsungkan di markas Polres Payakumbuh yang diikuti keluarga besar Polres Payakumbuh. Tampak hadir Walikota Payakumbuh Riza Falepi, Bupati Lima Puluh Kota Irfendi Arbi dan Ketua DPRD, forkopimda kedua daerah. Ikut hadir Kepala kantor, pimpinan OPD, ormas, dan awak media.

Sebelumnya, sertijab jabatan Kapolres Payakumbuh dari AKBP Dony Setiawan SIK MH kepada AKBP Alex Prawira, SH, SIK telah dilaksanakan di Mapolda Sumbar, Senin (31/08/2020) oleh Kapolda Sumbar. 

Selasa pagi, Kapolres Payakumbuh sebelumnya, AKBP Dony Setiawan, S.I.K., M.H, secara resmi menyerahkan tampuk kepemimpinan kepolisian kota Payakumbuh itu kepada AKBP Alex Prawira. S.H., S.I.K.

Dalam sambutannya, Dony Setiawan mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah mendukung tugasnya sebagai Kapolres dalam menciptakan suasana kondusif di wilkum Polres Payakumbuh, khususnya kepada 2 Kepala daerah dan jajaran hingga masyarakat.

"Keberhasilan selama ini tidak terlepas dari kerjasama yang baik di seluruh jajaran Polres Payakumbuh ini. Terima kasih semuanya, " kata Dony Setiawan menyapu air mata haru yang sempat jatuh di pipi.

Dony Setiawan juga menghimbau, kepada seluruh polisi di Payakumbuh untuk mendukung Kapolres yang baru, agar ke depan citra polisi sebagai pelayan masyarakat lebih baik lagi.

Dony Setiawan, mengajak seluruh personil untuk melaksanakan tugas dengan sebaik mungkin. Ia berharap kepada seluruh jajarannya untuk membantu Kapolres Payakumbuh yang baru dalam mengemban tugasnya sebagai anggota Polri. Selain itu ia juga mengucapkan selamat bertugas ditempat yang baru kepada Alex Prawira, semoga sukses dan terus mengukir prestasi.

"tak lupa, rekan media yang selalu mendampingi Kami dalam bertugas. Terima kasih para wartawan. Kalian semua adalah Saudara Kami dan mitra Kami,"imbuhnya.

Selamat bertugas di kampung halaman, rekam jejakmu (Alex Prawira) selama ini sangat bagus. Lanjutkan di Polres Payakumbuh. Tingkatkan kedisiplinan dan intenskan koordinasi intern dan lintas sektoral, "pesan Dony Setiawan didampingi istri Meiza.

Gayung bersambut, Kapolres Payakumbuh yang baru AKBP Alex Prawira, SH, SIK, menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada mantan Kapolres AKBP Dony Setiawan SIK MH, yang telah sukses memimpin Polres Payakumbuh dalam waktu hanya 11 bulan.

"Polres Payakumbuh sukses meraih prediket ZI WBK WBBM, itu sebuah sukses besar. Masih banyak PR dan sukses Pak Dony yang akan kami lanjutkan. Ini bukanlah sebuah hal yang mudah tapi butuh kerjasama, butuh dukungan, bantuan  doa dan sinergitas koordinasi yang optimal. Polres Payakumbuh bersama TNI dan unsur terkait siap mendukung program pemerintah daerah,"ucap Alex Prawira, alumni Akpol 2001, ini.

AKBP Alex Prawira, SH SIK adalah putra daerah Sumatera Barat. Ibu berkampung halaman di kabupaten Tanah Datar, sedang Ayah berasal dari Nagari Taram Kecamatan Harau kabupaten Lima Puluh Kota.

"Selamat jalan senior, semoga sukses selalu dalam karir. Dan mohon bimbing Kami selalu dalam bertugas,"pungkasnya Alex Prawira didampingi istri dr. Riny yang saat ini bertugas di klinik Lapas Kelas IIB Payakumbuh.

Melepas tugas juga disampaikan Walikota Payakumbuh Riza Falepi diwakili Sekdako Rida Ananda.

"Mutasi adalah pakaian aparatur negara yang harus dijalani para aparat. Kapolres Dony Setiawan selama ini Kami kenal adalah seorang pejabat yang Low profile dan disenangi warga. Mengutamakan pencegahan dari pada penindakan. Untuk itu, Walikota Payakumbuh memberikan 2 penghargaan, yaitu Piagam penghargaan sebagai pejabat berdedikasi dan penghargaan dari Tim Gugus Tugas Covid19. Banyak sejarah dan kenangan yang tak bisa kami ungkapkan hari ini. Kami doakan, Semoga Bapak kembali ke Sumbar dengan status Kapolda Sumbar,"sambut Rida Ananda.

Seremonial ditutup dengan penyerahan cinderamata. Serta upacara pedang pora melepas keberangkatan AKBP Dony Setiawan SIK MH dan keluarga menuju tempat tugas baru di Mabes Polri Jakarta. (014)