Penasehat Senior Gedung Putih Jared Kushner, Berharap Palestina dan Israel.Tidak Terjebak Perang Berkepanjangan



Penasehat Senior Gedung Putih Jared Kushner, Berharap Palestina dan Israel.Tidak Terjebak Perang Berkepanjangan

IMPIANNEWS.COM (Aman).

Palestina didorong untuk membuka komunikasi dengan Israel untuk menuju negosiasi perdamaian.

Dorongan tersebut disampaikan penasihat senior Gedung Putih Jared Kushner. Kushner meminta kedua negara tidak terjebak perang berkepanjangan.

“Perdamaian akan tersedia bagi mereka, kesempatan akan datang bagi mereka,” ujar Kushner.

Uni Emirat Arab (UEA), Israel, dan Amerika Serikat (AS) diketahui mendesak para pemimpin Palestina untuk kembali terlibat dialog dengan Israel.

Pada 13 Agustus lalu UEA dan Israel sepakat untuk melakukan normalisasi hubungan.

Kesepakatan ini membuat warga Palestina kecewa, karena UEA dinilai telah melakukan pengkhianatan yang akan melemahkan posisi pan-Arab yang menyerukan penarikan Israel dari wilayah pendudukan.

Kantor berita UEA, WAM, melaporkan putra mahkota Abu Dhabi mengatakan UEA berkomitmen untuk mendirikan negara Palestina dengan Yerusalem Timur sebagai ibu kotanya.

“Perdamaian adalah pilihan strategis, tetapi tidak dengan mengorbankan perjuangan Palestina,” ungkap laporan WAM.

Delegasi AS dan Israel berada di UEA pada Senin (31/8) untuk membahas kelanjutan hubungan diplomatik antara kedua negara.

Kushner dan penasihat keamanan nasional AS Robert O’Brien memimpin delegasi AS dalam kunjungan ke UEA. Delegasi Israel dipimpin oleh penasihat keamanan Meir Ben-Shabbat.

Israel dan Uni Emirat Arab akan membahas kerja sama ekonomi, ilmiah, perdagangan, dan budaya dalam kunjungan tersebut. ***