Kaper BKKBN Provinsi Sumbar Etna Estelita, "Diperlukan Dukungan Semua Lintas Sektor dalam Membangun Kampung KB",

 Kaper BKKBN Provinsi Sumbar  Etna Estelita, "Diperlukan Dukungan Semua Lintas Sektor dalam  Membangun Kampung KB",


IMPIANNEWS.COM (Padang)

Kepala Perwakilan (Kaper) BKKBN Provinsi Sumatera Barat, Etna Estelita katakan saat ini Kampung Keluarga Berencana telah bertransformasi menjadi Kampung Keluarga Berkualitas (Kampung KB).

Dimana keberadaan Kampung KB difokuskan untuk merencanakan serta mewujudkan keluarga yang berkualitas baik secara ekonomi, kesehatan maupun pendidikan, Sebut Erna Estelita

Etna menyampaikan  disaat memberikan pengarahan pada Penguatan Pengembangan Rumah Data Kependudukan dan Informasi Keluarga Tahun 2020 di Ruang Belajar BKKBN Sumbar, Selasa (22/09/2020).

"Untuk itu diperlukan dukungan semua lintas sektor dalam ikut membangun Kampung KB," ujarnya.


Selain itu menurut Kaper  BKKBN telah melakukan re branding logo maupun program untuk menggaet kelompok milenial agar lebih paham dalam merencanakan kehidupan kedepannya.

Dalam kesempatan itu,  Lurah Rawang Kecamatan Padang Selatan Kota Padang Andi Amir  juga menjadi nara sumber menitik beratkan pada pembenahan dan penguatan rumah data sebagai jantung dari program Kampung KB.

Andi, memaparkan melalui keberadaan rumah data, lintas sektor bisa memetakan potensi wilayah dan sektor mana saja yang perlu diberikan bantuan pada masyarakat.

"Rumah Dataku bersifat dari, oleh, dan untuk warga, dan warga pulalah yang menginput, update, mengelola serta melaporkan perkembangan pembangunan dan permasalahan di wilayahnya," ujar Andi.

Kelengkapan data di rumah data kependudukan memudahkan semua lintas sektor dalam membangun Kampung KB. Dengan data yang lengkap, intervensi program menjadi lebih cepat dan mudah dari dinas dan instansi terkait mengetahuinya.

"Diharapkan kepada kita semua, agar memberikan perhatian khusus di rumah data, contohnya berpartisipasi dalam meningkatkan jumlah fasilitas di rumah data," imbuhnya.

Kegiatan ini diikuti peserta yang  berasal dari Pengelola Program Dalduk  OPD KB Kota Padang, Ketua Rumah Data Kependudukan dan Informasi Keluarga se Kota Padang, Penyuluh KB di Kampung KB Kota Padang. (aa/tf)


Posting Komentar

0 Komentar