IRAN Semakin Kuat, 5 Kekuatan Militer Iran yang Ditakuti Israel hingga AS


IRAN Semakin Kuat, 5 Kekuatan Militer Iran yang Ditakuti 
Israel hingga AS

IMPIANNEWS.COM (Iran).

Saat Amerika Serikat (AS) membunuh pesohor Iran Qassem Soleimani, sejumlah pengamat memperingatkan dampak serius atas laku tersebut. 

Memang retorika Iran yang menggertak AS soal balas dendam itu tak benar-benar terjadi, tapi setidaknya kekuatan militer negara ini tak bisa diremehkan begitu saja.

Tahun ini, militer Iran menduduki ranking 14 dari 138 negara dengan power Index 0.2191 (ukuran 0.0000 sebagai angka sempurna) versi Global Fire Power. 

Pencapaian itu dilatarbelakangi oleh keandalan personil militer dan kepemilikan alutsista super canggih di darat, laut, dan udara.

Mengutip catatan Tirto, jumlah personel militer Iran mencapai 873.000 pasukan di mana 523.000 di antaranya merupakan personel aktif, sedangkan sisanya 350.000 pasukan cadangan. 

Jumlah alutsista Angkatan Udara Iran mencapai 509 aset, di antaranya terdiri dari 155 ialah pesawat tempur, 23 pesawat serbu, 62 pesawat angkut, 9 pesawat misi khusus, dan 112 helikopter.

Lini Angkatan Darat memiliki total aset 2.056 Tank, 4.300 kendaraan serbu lapis baja, 2.658 artileri, dan 1.935 proyektor roket. 

Sementara total aset angkatan laut Iran mencapai 398 termasuk 7 fregat, 3 korvet, 34, kapal selam, 342, kapal patrol, kapal ranjau. Iran juga telah mengembangkan beberapa misilnya.

Jika diinventarisasi, ada lima kekuatan militer Iran yang digadang-gadang paling menjadi momok bagi musuh-musuhnya termasuk AS hingga Arab Saudi, dinukil dari Boombastis.

1. Quds Force

Setiap negara pastinya punya unit spesial mereka sendiri. Jika Amerika punya Navy Seal, Iran juga tak mau kalah dengan pasukan elit bernama Quds Force. 

Pasukan spesial ini adalah pilihan dari kandidat terbaik di angkatan bersenjata Iran. Diketahui jumlahnya sekarang sekitar 15 ribu orang. Jika satu orang pasukan khusus saja bisa membunuh 10 orang lebih, maka jumlah ini lebih dari cukup untuk menghabisi seluruh tentara musuh.

Quds Force dibekali kemampuan mengerikan khas tentara spesial. Tak hanya skill, konon Quds Force juga disediakan berbagai alutsista terbaik oleh pemerintah Iran.

 Mulai dari senjata kekinian sampai tank-tank tempur yang siap pakai kapan pun dibutuhkan.

2. Misil Balistik

Ada satu alasan khusus kenapa meskipun tidak disukai negara-negara Barat, Iran masih bisa bernafas lega alias tidak khawatir diserang. Ya, ini lantaran mereka punya banyak stok misil balistik. Hanya sekali tekan, misil-misil ini akan meluncur ke target yang diinginkan.

BBC yang mengutip International Institute for Strategic Studies (IISS) menyebutkan, Iran diprediksi memiliki 50 misil balistik jarak menengah (Medium Range Ballistic Missile) dan 100 misil balistik jarak pendek (Short Range Ballistic Missile).

Masih dari sumber serupa, mengutip CSIS, lima jenis misil balistik yang telah dikembangkan Iran untuk jangka menengah atau MRBM. 

Di antaranya yang telah beroperasi ialah Sejjil (jangkauan s/d 2000 km dan muatan hulu ledak 500-1500 kg) dan Shahab (Jangkauan s/d 1.300 km, muatan hulu ledak 1.200 kg). Sedangkan sisanya, yaitu Ghadr 1 (jarak 1.950 km muatan, hulu ledak 800 kg), Emad (jarak 1.700 km, muatan hulu ledak 750 kg), dan Khorramshahr (jarak 2000 km serta muatan hulu ledak 1.800 kg) masih dalam tahap pengembangan.

 Lalu untuk rudal balistik jangka pendek atau SRBM dengan jangkauan paling jauh 800 km, di antaranya ialah Fateh-313 (500 km), Tondar-69 (150 km), Fateh-110 (200-300 km), Shahab-2 (500 km), Zolfaghar (700 km), Shahab-1 (285-330 km) dan Qiam-1 (700-800 km).

3. Perahu Tempur Cepat

Iran memiliki skuad perahu tempur cepat yang terbilang paling terlatih di dunia. Pasukan ini bisa melakukan aksi gerak cepat yang akan membuat musuh-musuhnya tak sempat melakukan pertahanan dan akhirnya hancur.

Pasukan tempur tersebut didesain multifungsi. Ia tak hanya bisa dipakai untuk menghancurkan properti dan fasilitas militer musuh, tapi juga bisa combat di tengah laut. 

Meskipun mengandalkan kecepatan, tapi pasukan ini biasanya dikemas dengan persenjataan kelas berat.

4. Kapal Selam Ghadir-Class Midget

Ghadir mungkin bukan kapal selam kelas berat, tapi ia bisa jadi ancaman super serius bagi musuh-musuh Iran. Tubuhnya tidak bongsor, alhasil, Ghadir bisa melesat cepat. 

Bahkan kecepatannya bisa mencapai 11 knot ketika di dalam air. Tak hanya itu, ia juga bisa dijejali dengan torpedo-torpedo kelas berat yang bisa dilepaskan secara akurat.

Fungsi lain Ghadir, ia juga bisa dipakai untuk memboyong para Quds. Jadi, sekalian bisa sebagai kendaraan akomodasi bayangan yang tak terlihat. 

Lalu dari sini Quds bisa langsung menusuk ke jantung pertahanan musuh. Satu lagi keunggulan Ghadir adalah biaya pengadaannya yang murah. 

Dengan memanfaatkan sedikit kekayaan alamnya, Iran bisa memboyong lusinan Ghadir untuk dioperasikan bersama-sama.

5. Misil Soumar

Iran kabarnya baru-baru ini mengembangkan senjata baru bernama Soumar. Ini adalah semacam misil jarak jauh yang punya daya ledak super. 

Iran terinspirasi dari Kh-55 bikinan Rusia. Meskipun demikian, negara Persia di masa lalu ini punya ciri khas sendiri.

Tak hanya punya daya ledak yang tidak main-main, Soumar dikabarkan mampu menghancurkan target dari jarak yang cukup jauh. Masih belum diketahui berapa banyak Soumar yang bisa dibuat oleh Iran.

Iran mungkin bukan pemilik militer terbaik, tapi setelah melihat fakta ini, mereka laik diperhitungkan di kancah dunia. 

Mungkin gara-gara deretan senjata mematikan ini Arab Saudi agak segan untuk melawan Iran dalam perseteruan mereka yang memanas akhir tahun silam. ***

Penulis: Anastacia Patricia
Editor: Purnama Ayu Rizky
Keterangan foto utama: Anggota Korps Garda Revolusi Islam Iran berdiri dalam formasi selama parade militer tahunan “Pekan Pertahanan Suci”. (Foto: AFP)
5 Kekuatan Militer Iran yang Ditakuti Israel hingga AS
Related Items:Berita Militer, Garda Revolusi Iran, Iran, Militer Iran