HUT Karang Taruna Ke 60. Ini Pesan Walikota dan Ketua FK KT Kota Payakumbuh


IMPIANNEWS.COM 

Payakumbuh, --- Salam "Adhitya Karya Mahatva Yodha". Tepat pada 26 September 2020, sudah 60 tahun umur Karang Taruna di Republik Indonesia, selama ini menjadi tempat atau wadah pengembangan remaja Indonesia.

Menyongsong Hari Ulang Tahun (HUT) Karang Taruna ini, Wali Kota Riza Falepi kepada media, Sabtu (26/9) menyampaikan harapan kepada anak-anak muda untuk terus meningkatkan perannya dalam membangun sumber daya manusia (SDM) di lingkungannya masing-masing.

"Karena merekalah estafet kepemimpinan ke depan, mereka juga yang akan melanjutkan pembangunan bagi daerah yang mereka cintai ini," kata Riza.

"Selamat HUT karang taruna yang ke 60 tahun, semoga karang taruna semakin Jaya, Payakumbuh Maju," sorak Wali Kota Riza bersemangat.

Senada, Ketua Karang Taruna Kota Payakumbuh Ade Vianora didampingi Wakil Ketua Yonaldi dan Sekretaris Novanto Yudhistira mengatakan karang taruna sebagai organisasi sebagai wadah pengembangan generasi muda yang tumbuh dan berkembang atas dasar kesadaran dan tanggung jawab sosial dari, oleh, dan untuk masyarakat terutama generasi muda di wilayah Kelurahan.

"Mereka ada untuk pengembangan di bidang usaha kesejahteraan sosial. Berdasarkan tugas dan tanggung jawab inilah kami yakin dan percaya karang taruna bisa menyelesaikan setiap persoalan sosial bersama dengan potensi sumber kesejahteraan sosial lainnya LPM PKK RT RW, PSM, TKSK, dan lain sebagainya," ungkap Ade.

Ade yakin, karang taruna akan selalu ada di hati masyarakat, tugas karang taruna tidaklah mudah. Adanya 26 macam PMKS tentu ini tugas yang sangat sulit, namun ini bisa dilakukan.

Di tengah pandemi Covid-19 sekarang ini, karang taruna juga sangat-sangat dibutuhkan hadir sebagai pembawa sebagai penerang, sebagai suluh di dalam kegelapan. 

"Dalam masa pandemi covid ini kita harapkan Karang taruna terlibat dalam mensosialisasikan kepada masyarakat untuk memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak sehingga penyebaran virus covid 19 ini bisa diminimalisir,"ajak Ade.

Memperingati HUT Karang Taruna ke 60 di Kota Payakumbuh Untuk tahun ini kegiatan kita hanya berupa anjangsana ke rumah mantan pengurus Karang Taruna yaitu ke rumah Kakanda YB.Dt.Parmato Alam dan A.Dt.Mangkuto Nan Putiah. Kedua orang ini dinilai oleh kawan-kawan berjasa kepada Karang Taruan.

"Walau kita peringati secara sederhana, Kita berharap Karang Taruna Kota Payakumbuh bisa lebih baik lagi kedepan, teranggarkan dalam perencanaan daerah serta Karang Taruna bisa berdiri lebih kokoh lagi. Dengan adanya dukungan anggaran tersebut bisa menjadikan karang taruna lebih leluasa untuk bergerak.

Terkait pentingnya sebuah organisasi pemuda, salah satunya melalui Karang Taruna, Ade Vionora berharap agar kepengurusan KT dilengkapi.

"Untuk kepengurusan karang taruna di tingkat Kelurahan pada umumnya sudah ada, hanya ada beberapa kelurahan yang pengurusnya itu sudah lewat batas waktunya namun belum bisa melaksanakan Musyawarah Warga Karang Taruna,"pesan Ade

"Di hari yang ulang tahun yang ke 60 ini, kami karang taruna Kota Payakumbuh mengucapkan selamat ulang tahun kepada karang taruna semoga karang taruna semakin Jaya, semakin maju, dan semakin lebih baik lagi, Karang Taruna Jaya Jaya Jaya!!," pungkas Ade.

Terpisah, Pengurus FKKT Kota Payakumbuh, Fahman Rizal yang dikenal aktif dalam pemberantasan narkoba ikut berharap agar karang taruna terbebas dari narkoba. 

"Dalam rangka upaya pencegahan narkoba dan pekat, karang taruna payakumbuh membentuk satu wadah khusus bidang pencegahan narkoba dan pekat yaitu bidang taruna anti narkoba. Yang mana seksi ini wajib ada dalam setiap susunan pengurus di masing-masing kecamatan dan kelurahan. Fungsinya adalahsebaga salah satu upaya pencegahan dan promosi layanan,"singkat Fahman. (014)

Posting Komentar

0 Komentar