Donald Trump: Orang Carolina Utara Harus Ikut Pemilu 2 Kali, Sekali Langsung datang Ke lokasi Kedua dengan Surat.



IMPIANNEWS.COM (AS).

Presiden Amerikat Serikat, Donald Trump, menyarankan orang-orang di negara bagian Carolina Utara untuk mengikuti Pilpres Amerika dua kali.

Sekali dengan datang langsung ke tempat pemungutan suara dan sekali lagi dengan via surat. Hal itu berkaitan dengan keraguannya akan keamanan mekanisme pemilu via surat.

“Biarkan mereka mengirimkan suratnya dan biarkan mereka juga memilih secara langsung,” ujar Donald Trump ketika ditanyai soal keamanan surat suara, sebagaimana dikutip dari kantor berita Reuters, Rabu, 2 September 2020.

Donald Trump menjelaskan, apabila sistem pelaksanaan Pilpres Amerika benar-benar sebagus yang diklaim banyak orang, maka warga tidak akan bisa mengikutinya dua kali.

Sebagaimana diketahui, sejak awal Donald Trump mengecam rencana Pilpres Amerika digelar via pos.

 Menurutnya, pilpres via pos rentan bocor atau dicurangi. Ia mengaku lebih memilih pilpres Amerika ditunda apabila harus digelar via surat, tak peduli pandemi sedang berlangsung atau tidak.

Beberapa negara bagian sudah setuju untuk mendukung penyelenggaraan pilpres Amerika via surat. Salah satu di antaranya adalah Carolina Utara.

Pernyataan Donald Trump agar warga Carolina Utara dua kali menggunakan hak suaranya tak ayal mengundang kecaman.

Jaksa Agung untuk Carolina Utara, Josh Stein, sampai memperingatkan warga untuk tidak coba-coba melakukan apa yang dikatakan Donald Trump.

"Presiden Trump dengan sangat keras mendorong warga Carolina Utara untuk melanggar hukum guna membantunya “menabur” kekacauan dalam pemilihan tersebut," ujar Josh Stein.

“Pastikan anda memilih, tapi jangan memilih dua kali! Saya akan melakukan segala cara untuk memastikan keinginan rakyat ditegakkan di bulan November 2020 mendatang," ujar Josh Stein menambahkan.

Jaksa Agung AS, William Barr, menganggap banyak orang salah paham atas ucapan Donald Trump. Ia berkata, Trump tengah berusaha menunjukkan kelemahan pemantauan Pilpres Amerika via surat. ***