Di Brasil, Pulau Wisata Hanya Kusus Dikunjungi Orang yang Sudah Kena Covid-19



Di Brasil, Pulau Wisata Hanya Kusus Dikunjungi Orang yang Sudah 
Kena Covid-19

IMPIANMEWS.COM (Brasilia)

Pulau wisata di Brasil dibuka kembali bagi para turis, tetapi turis yang diizinkan hanya orang-orang yang sudah terkena Covid-19.

Pulau Fernando de Noronha, lokasi pantai Baia do Sancho, yang dinobatkan sebagai pantai terbaik dunia oleh Trip Advisor's Traveler's Choice Awards tahun ini, akan dibuka kembali minggu depan, menurut pihak berwenang di negara bagian Pernambuco, Brasil timur laut.

"Untuk mendarat di kepulauan, wisatawan perlu menunjukkan hasil tes PCR positif minimal berumur 20 hari, atau hasil uji serologis yang menunjukkan adanya antibodi terhadap Covid," kata pihak pengurus kepulauan, Guilherme Rocha, pada Kamis, dilansir dari CNN Travel.

Rocha tidak secara eksplisit menjelaskan mengapa Brasil hanya menerima wisatawan yang sudah terjangkit penyakit virus corona ke pulau itu.

"Pada fase pertama ini, hanya wisatawan yang sudah terjangkit Covid-19 yang diizinkan menginjakkan kaki di pulau," kata Rocha, dikutip impiannews.com dari Macau Business.

Pengunjung akan diminta untuk menunjukkan hasil tes positif untuk virus bersama dengan pembayaran pajak konservasi lingkungan Fernando de Noronha.

"Kami membuka kembali secara bertanggung jawab, dengan hati-hati dan tanpa terburu-buru," kata Guilherme Rocha.

Tes PCR menunjukkan apakah seseorang terkena virus, sementara tes serologis menunjukkan apakah tubuh telah mengembangkan antibodi untuk virus corona.

Fernando de Noronha, adalah salah satu dari 21 pulau vulkanik, telah ditutup untuk wisatawan sejak pertengahan Maret karena pandemi virus corona.

Pulau itu ditutup untuk pengunjung pada 21 Maret, dan penduduk yang berada di daratan dilarang kembali dari April hingga pertengahan Juni.

Pada 31 Juli, pulau indah di Brasil ini dibuka kembali hanya untuk orang-orang yang memiliki rumah di sana dan peneliti lokal.

Mereka yang tiba di pulau itu sekarang diberi gelang ID yang harus mereka pakai sampai petugas kesehatan masyarakat memberi mereka izin, baik setelah menyelesaikan karantina atau mendapatkan dua hasil tes negatif untuk virus tersebut.

Terkenal akan pantainya yang liar dan belum berkembang, pemandangan yang menakjubkan, dan cagar laut nasional, Fernando de Noronha adalah rumah bagi 3.000 lebih penduduk tetap.

Kepulauan ini adalah taman nasional dan salah satu tempat wisata yang paling banyak dikunjungi di Brasil. Tahun lalu, Brasil menerima 106.000 wisatawan, 90% di antaranya adalah orang Brasil. 

Taman nasional Brasil ini dinyatakan sebagai Situs Warisan Dunia UNESCO pada 2001. **