Yon Refli : Bijaksana di Tengah Musibah

Oleh : Yon Refli (Kabag Organisasi Pemko Payakumbuh) 
IMPIANNEWS.COM
Catatan, --- "Berusaha optimis dan jaga kesehatan". Hari-hari kebelakang ini kita melihat situasi berat yang dihadapi masyarakat, satu sisi kita harus berusaha membangun ekonomi yang semakin sulit  kebutuhan semakin mahal  dan biaya hidup semakin membengkak.

Disisi lain perkembangan wabah covid19 semakin mengkhawatirkan akhir-khir ini, masyarakat terinfeksi hari ke hari bertambah dan tingkat kualitasnya semakin menunjukan kegawatan.

Dari 2 permasalahan ini ada beberapa hal yang perlu jadi perhatian kita.
  1. Tetap menjaga dan membangun optimisme bahwa semuanya akan bisa kita atasi dan kita lewati. Perbanyak berdoa dan mengerjakan seluruhnya dengan semangat tinggi dan ikhlas atas segala ketentuan dan rezki yang Allah berikan
  2. Menjaga kesehatan dan kekuatan tubuh untuk tetap sehat dan mampu melakukan aktifitas sesuai protokol kesehatan. Yakinlah hanya dengan gerarakan bersama seluruh masyarakat untuk menerapkan protokoler kesehatan wabah ini bisa kita putus"

Disaat penurunan kualitàs kemampuan perekonomian ini ada gerakan cerdas yang harus kita lakukan :
  1. Berhemat,  yaitu menggunakan seluruh sumber daya dengan cerdas, menggunakan lustrik hemat dengan mematikan lampu yang tidak perlu, menonton TV bila perlu, mematikan arus listrik ke alat elektronik kalau sudah selesai digunakan. Menggunakan air Pam dengan hemat dan teliti. Jangan biarkan air yang tidak perlu kiranya tidak tertutup dan airnya mengalir terus.
  2. Jangan mubazir, pastikan nasi yg dimasak dan lauknyaý pas untuk keluarga, jangan berlebih-lebihan akhirnya basi, Allah sangat benci dengan orang yang mubazir.
  3. Memanfaatkan sumber pendapatan secara maksimal, jangan biarkan tanah kosong, sawah tidak ditanami, mari kelola sumber ini untuk membantu perbaikan ekonomi bangsa.
  4. Perkuat rasa kebersamaan dan persatuan, saling membantu dan gemar memberi atau menolong keluaga yang kesulitan.

Jadi mari hidup berdampingan dengan menjaga persaudaraan membangun kekompakan dan yang sangat penting jangan sampai kita terpecah belah.

Jaga kesehatan pakai masker, jaga jarak dan cuci tangan serta tingkatkan daya tahan tubuh. PAYAKUMBUH, JAGA DIRI !.(014)