UNP Rangking No. 25 dari Seluruh Perguruan Tinggi di Indonesia Versi Webometrics Ranking of World Universities.

UNP Rangking No. 25 dari Seluruh Perguruan Tinggi di Indonesia Versi Webometrics Ranking of World Universities.

IMPIANNEWS.COM (Padang).

Lembaga pemeringkatan internasional asal Spanyol, Webometrics secara resmi mengumumkan peringkat universitas terbaik di seluruh dunia, termasuk Indonesia melalui laman resmi http://www.webometrics.info/en/Asia/Indonesia.

 Pada tahun ini, Universitas Negeri Padang (UNP) berhasil menduduki peringkat 25 dari seluruh perguruan tinggi di Indonesia versi Webometrics Ranking of World Universities edisi Juli 2020. 

Webometrics merupakan sistem yang memberikan penilaian terhadap kemajuan universitas sedunia melalui website resminya. Webometrics menilai universitas-universitas menggunakan 4 indikator yakni presence (5%), impact (50%), openness (10%), dan excellence (35%).

Indikator pertama yakni Presence (5%) berdasarkan jumlah halaman web host pada webdomain utama (termasuk subdomain dan direktori) dari universitas yang diindeks oleh mesin pencari Google. Indikator kedua yakni  Impact (50%) merupakan kualitas konten dengan menghitung semua external inlinks yang diterima oleh webdomain universitas dari pihak ketiga.

Selanjutnya, indikator ketiga Openness (10%) merupakan jumlah file dokumen seperti Adobe Acrobat (.pdf), Adobe PostScript (.ps,.eps), Microsoft Word (.doc,.docx) dan Microsoft Powerpoint (.ppt,.pptx) yang terindeks mesin pencari (Google Scholar). Sedangkan Excellence (35%) merupakan jumlah publikasi artikel ilmiah perguruan tinggi yang bersangkutan yang terindeks di Google Scholar atau mesin pencari yang menjadi indikator penilaian webometrics.  

Adapun Sistem pemeringkatan Webometrics bertujuan untuk mempromosikan publikasi Web, mendukung inisiatif Open Access, mendukung akses elektronik untuk publikasi ilmiah dan materi akademik lainnya. Selain itu, Webometrics bermaksud memotivasi lembaga dan akademisi untuk menghadirkan website yang mencerminkan aktivitas mereka secara akurat. (ayu)

 Sumber: Humas UNP