SISFOTEK KE-IV dan Seminar Nasional Pendidikan Teknik Kejuruan, Sekaligus Penandatanganan MoU UNP dengan IAI

IMPIANNEWS.COM.(Padang)

Seminar Nasional Sistem Informasi dan Teknologi (SISFOTEK) merupakan seminar nasional tahunan di bidang sistem informasi dan teknologi yang diadakan oleh Organisasi Profesi Ikatan Ahli Informatika Indonesia (IAII) DPW Sumatera Barat. 

SISFOTEK ditujukan agar dapat menjadi ajang pertemuan ilmiah, sarana diskusi dan publikasi hasil penelitian maupun penerapan teknologi terkini dari para praktisi, peneliti, akademisi dan umum di bidang sistem informasi dan teknologi dalam artian luas. 

Ikatan Ahli informatika Indonesia bekerjasama dengan Fakultas Teknik Pascasarjana Universitas Negeri Padang (UNP) menyelenggarakan Seminar Nasional Sistem Informasi dan Teknologi (SISFOTEK IV)  dan Seminar Nasional Pendidikan Teknik Kejuruan dengan Tema "Inovasi Blokchain dan Big Data untuk Masyarakat 5.0 dan Pendidikan Teknik Kejuruan 2020” yang dilaksanakan melalui zoom meeting, Rabu (19/8). 

Pada kesempatan ini juga diselenggarakan Penandatanganan MoU antara Universitas Negeri Padang dengan Ikatan Ahli Informatika Indonesia (IAII). Dekan Fakultas Teknik UNP. Dr. Fahmi Rizal, M.Pd.,MT membuka secara resmi seminar nasional SISFOTEK dan  mengucapkan terima kasih kepada seluruh pelaksana dan panitia. Semoga kerjasama ini terjalin dengan erat dan kegiatan-kegiatan seperti ini akan dikembangkan dengan kegiatan lainnya antara IAII dengan Fakultas Teknik UNP terutama dalam meningkatkan kemampuan dan pengetahuan kita tentang informasi dan teknologi. 

“Peran IAII sangat strategis, karena kegiatan kita kedepan akan sangat tergantung kepada ahli-ahli terutama dalam bidang mengembangkan artificial intelligence. Saat ini pergesaran proses pembelajaran, skill yang dibutuhkan kedepan juga akan berubah. Jenis pekerjaan baru tentunya memerlukan skill-skill baru sesuai dengan perkembangan teknologi. Pergeseran pembelajaran bukan hanya sekedar menghasilkan sebuah pengetahuan, yang penting kedepannya kita harus merubah mindset kita terutama kepada mahasiswa dan lulusan perguruan tinggi agar terus termotivasi melakukan inovasi.  Ungkap Rektor UNP, Prof. Ganefri, Ph.D. 

Selain itu, Rektor UNP juga menambahkan bahwa seminar hari ini akan memunculkan berbagai inovasi terutama dalam pemanfaatan IT dan rekomendasi-rekomendasi serta penambahan wawasan bagi peserta seminar hari ini terutama dalam menghadapi tantangan kemajuan IT yang begitu cepat. 

Seminar Nasional SISFOTEK KE-IV menghadirkan enam keynotes yakni Dr. Drs. Yusharto H, M.Pd * (Staf Ahli Menteri Bidang Aparatur dan Pelayanan Publik), Hariyono Kasiman, S.T (Elnusa), Prof. Drs. Herman Dwi Surjono, M.Sc., MT., Ph.D (Universitas Negeri Yogyakarta), Prof. Dr. Rika Ampuh Hadiguna, IPM (Universitas Andalas), Dr. Waskito, MT (Universitas Negeri Padang), dan Tri Apriyanto Sundara, S.Th.I, MT (STMIK Indonesia Padang, IAII Sumbar). (ayu).

Sumber: Humas UNP