Sikitar 10 Ribu Demonstrasi Menuntut Pemilihan Baru dan Parlemen Baru di Bangkok

IMPIANNEWS.COM (Bangkok).

Ribuan pengunjuk rasa menyerukan perubahan radikal di pemerintah Thailand - termasuk monarki - dalam rangkaian unjuk rasa terbaru dalam protes hampir setiap hari yang dipimpin oleh mahasiswa penentang pemerintah.

Polisi Bangkok memperkirakan 10.000 peserta, yang akan menjadikan demonstrasi terbesar di Thailand sejak kudeta 2014.

Para pemimpin mahasiswa menuntut pemilihan baru untuk membentuk parlemen baru, termasuk pemecatan Perdana Menteri Prayuth Chan-ocha, mantan jenderal yang mengambil alih kekuasaan dalam kudeta 2014 dan memenangkan pemilihan yang disengketakan tahun lalu.

Tetapi protes hari Minggu juga menyerukan perubahan pada monarki sebagai subjek sensitif di Thailand, di mana siapa pun yang mengkritik Keluarga Kerajaan dapat menghadapi hukuman penjara yang lama.

"Kami menginginkan pemilu baru dan parlemen baru dari rakyat," kata aktivis mahasiswa Patsalawalee Tanakitwiboonpon, 24, kepada kerumunan. 

“Terakhir, impian kami adalah memiliki monarki yang benar-benar di bawah konstitusi.”

Para demonstran juga melambaikan spanduk dan meneriakkan "Hancurkan kediktatoran, era demokrasi."

Polisi Bangkok mengatakan mereka telah mengerahkan 600 petugas untuk mengamati demonstrasi tersebut, dikutip dari Reuters

 Sebuah pawai balasan yang membela monarki menarik lusinan peserta.
Gelombang protes terbaru dimulai pada Februari ketika Partai Maju Masa Depan (FFP), sebuah partai progresif yang sebagian besar didukung oleh pemuda Thailand, dibubarkan atas perintah pengadilan. 

Protes kemudian dihentikan karena kekhawatiran COVID-19, tetapi mendapatkan kembali energi pada Juli, meskipun ada larangan pertemuan besar.(Reuters)