PPM Sumbar Gelar Musda akan Dibuka Danrem 032 Wirabraja


PPM Sumbar Gelar Musda akan Dibuka Danrem 032 Wirabraja

IMPIANNEWS.COM (Padang)

Pemuda Panca Marga (PPM) Sumatera Barat menggelar Musyawarah Daerah (Musda) yang rencananya akan dibuka langsung Danrem 032/Wirabraja, Brigjen TNI Arief Gajah Mada, bertempat di Gedung Legiun Veteran RI, Padang, Sabtu 29 Agustus 2020

Plt Ketua PPM Sumbar, H. Wahyu Iramana Putra, SE. mengatakan, musda akan digelar selama dua hari, Sabtu dan Minggu 29 hingga 30 Agustus, Musda dilakukan dalam rangka pemilihan Ketua PPM Sumbar periode 2020-2025 sekaligus membahas program kerja lima tahun kedepan." ucapnya

Wahyu mengatakan, sebenarnya  kepengurusan PPM 2015-2020 dibawah pimpinan Fauzi Bahar, tetapi  masa baktinya sudah habis sejak empat bulan lalu. Namun karena kondisi  pandemi Covid-19, makanya musda terpaksa diundur. Kemudian, Pengurus Pusat PPM memberi mandat kepada tujuh orang pengurus daerah PPM Sumbar dengan Plt. Ketua Wahyu Iramana Putra.

“Mandat  diserahkan ke kita, untuk menggelar musda dalam waktu secepatnya. Karena pandemi Covid-19, makanya baru sekarang bisa dilaksanakan, dan tentunya tetap mengikuti protokol Covid-19,” katanya,

Wahyu menjelaskan, musda tersebut mengangkat tema, “Dengan Kembalinya Pemuda Panca Marga di Bawah Naungan Legiun Veteran Republik Indonesia, Kita Kobarkan Nilai-nilai JSN 45 Demi Keutuhan NKRI Pancasila dan NKRI Harga Mati!!”.

Musda PPM kali ini hanya diikuti sekitar 45 orang saja, dari 19 kabupaten /kota, pengurus PPM Sumbar dan PPM Pusat  “Mengingat kondisi saat ini, peserta yang masuk ke ruangan kita batasi, namun tentunya di luar ruang mereka bisa mengikuti juga dengan tetap menjaga protokol kesehatan Covid-19,” ujarnya.

Sementara, Ketua Steering Commitee, Diki Sapoli mengatakan, untuk calon ketua PPM Sumbar, saat ini yang mengapung hanya satu orang yakni Wahyu Iramana Putra. “Sebenarnya, dalam pantauan kami ada setidaknya empat orang, namun dengan persyaratan sesuai AD/ART PPM sendiri, tentunya harus anak veteran dan tidak pemegang mandat partai politik.

Organisasi PPM ini berbeda dengan organisasi lain, Sebab anggotanya adalah putra putri veteran yang berjuang untuk kemerdekaan Indonesia. Ada empat kriteria veteran yakni Veteran Perintis adalah pejuang sebelum Proklamasi Kemerdekaan 1945, lalu Veteran Penegak yakni pejuang yang mempertahankan kemerdekaan dalam rentang 1945-1949 (Agresi Belanda II).

Kemudian, Veteran Pembela yaitu pejuang yang dikirim pada peristiwa Trikora, Dwikora, Pembebasan Irian Barat. Dan Veteran Kehormatan adalah mereka yang dikirim ke Kongo dan Timur Tengah. “Jadi PPM ini adalah anak-anak veteran yang meneruskan nilai juang orang tua kami,” katanya.

Musda tersebut akan ditutup oleh Ketua Umum PP PPM Berto Izaak Doko sekaligus melantik kepengurusan PPM Sumbar terpilih 2020-2025. (Ayu)