Pemko Payakumbuh Puji ASN Kemenag di HUT RI Ke 75

IMPIANNEWS.COM 
Payakumbuh,  --- Jajaran Aparatur Sipil Negara (ASN) Kantor Kementerian Agama Kota Payakumbuh dibawah pimpinan H. Ramza Husmen mendapat apresiasi dari Pemerintah Kota Payakumbuh dalam pelaksanaan upacara bendera peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) RI Ke 75 tahun 2020 di halaman Balaikota, Senin (17/8).

"Atas nama Pemko Payakumbuh, kami menyampaikan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Kepala Kankemenag Kota Payakumbuh atas partisipasinya dalam mempersiapkan jajaran, guna mengikuti upacara 17 Agustus 2020 baik di pagi maupun sorenya. Sehingga upacara yang sakral ini dapat berjalan dengan lancar dan khidmat," sebut Wali Kota Riza Falepi melalui Kadiskominfo Jhon Kenedi.

"Kita (Pemko Payakumbuh) mengapresiasi ASN Kankemenag sebagai satker yang paling rapi dan tertib dalam mengikuti upacara peringatan HUT RI ke 75 tahun 2020, khususnya upacara pagi dan sore. Selain itu juga berkonstribusi aktif dalam upacara virtual," terang Jhon Kenedi, lagi.

Terpisah, Kepala Kankemenag Ramza Husmen saat dihubungi menyampaikan terima kasih kepada Wali Kota Payakumbuh dan jajaran serta forkopimda atas apresiasi tersebut. Menurutnya, apresiasi tersebut merupakan sebuah nilai bagi Kementerian Agama untuk bisa tampil terbaik dalam segala lini, baik internal dan lintas sektoral.

"Terima kasih Pak Wali Kota Payakumbuh. Semoga ASN kemenag selalu bisa tampil prima sebagai aparatur negara yang berkewajiban pada negara dan pelayan publik. Ini adalah motivasi bagi kami dalam menyukseskan visi misi Pemko Payakumbuh melalui tusi Kementerian Agama Kota Payakumbuh," jelas Ramza Husmen.

Sebelumnya, di tengah pandemi covid19, Peringatan Hari Kemerdekaan RI ke-75, di Kota Payakumbuh dilangsungkan di halaman Balai Kota dengan Irup Walikota Payakumbuh Riza Falepi serta live streaming melalui virtual,  Senin (17/08/2020) sesuai Protokol kesehatan.

Ikut memeriahkan, warga pun ikut menghentikan kegiatan selama tiga menit, sambil berdiri siap dan hormat bendera.

Rangkaian HUT Kemerdekaan RI ke-75, diawali dengan upacara menaikan bendera merah putih, berlangsung tepat pukul 07.45 WIB, di halaman Balaikota Payakumbuh, dengan Inspektur Upacara Walikota H. Riza Falepi. Peserta upacara di lapangan, terbatas, hanya melibatkan masing-masing 10 personil, ASN, TNI-Polri, Satpol PP dan Dishub.

Sementara, undangan juga dibatasi, hanya anggota Forkopimda, (Dandim 0306/50 Kota Letkol Inf. Ferry D Lahe, Kapolres AKBP Dony Setiawan, Kajari Suharsono, SH, Ketua DPRD Hamdi Agus) sekdako, kakankemenag, asisten dan beberapa pimpinan perangkat daerah. Korsik Smansa dari SMAN 1 mengiring jalannya upacara.

Untuk selanjutnya, undangan yang sama, mengikuti kegiatan detik-detik Proklamasi Kemerdekaan RI di Istana Jakarta secara virtual di ruang pertemuan Ngalau Indah di lantai III Balaikota, pukul 10.00 WIB.

Sementara itu, di setiap kantor perangkat daerah, juga menggelar upacara HUT Proklamasi secara virtual, baik saat menaikkan bendera atau menurunkan sang merah putih.

Sore harinya, pukul 18.00 WIB, upacara penurunan bendera di halaman Balaikota Payakumbuh, dipimpin Sekdako H. Rida Ananda. Dengan peserta upacara yang juga terbatas 50 peserta, serta sejumlah undangan.

Inspektur Upacara penurunan bendera itu, seharusnya dipimpin Wakil Walikota H. Erwin Yunaz. Tapi, karena wawako menjalani isolasi mandiri di rumah dinas, selepas SWAB, tugasnya diserahkan kepada sekdako.

"Maaf, saya tak ikut bersama rakyat Payakumbuh memperingati HUT Kemerdekaan RI ke-75. Kita hanya berencana, tapi Allah SWT menentukan. Saya harus menjalani SWAB, berdasarkan hasil tracking, kontak dengan sahabat yang positif Covid-19," ungkap Erwin.

"Selamat HUT Kemerdekaan RI ke-75. Dengan harapan seluruh masyarakat dapat mengingat jasa pahlawan yang telah gugur merebut kemerdekaan, dan membalas jasa pahlawan itu dengan ikut menyukseskan pembangunan. Saat ini mari bersama kita perangi Covid-19. Merdeka, Indonesia Maju," teriak Walikota Riza Falepi didampingi Forkopimda. (014)