Pemko Padang Sediakan Internet Gratis di 50 Kelurahan, Sisanya di Akhir Tahun

IMPIANNEWS.COM (Padang).

Pemerintah Kota Padang melalui Dinas Komikasi dan Informatika berupaya menyediakan internet gratis bagi warga Kota Padang. Ditargetkan, 104 kelurahan yang ada di daerah tersebut telah terpasang jaringan internet hingga akhir 2020 nanti. Dimana saat ini sebanyak 50 kelurahan sudah dipasangi internet gratis tersebut.

"Kita menargetkan hingga akhir tahun akan terpasang di seluruh kelurahan yang berjumlah 104 titik wifi," kata Kepala Dinas Kominfo Kota Padang, Rudy Rinaldy dalam kegiatan diseminasi informasi bersama insan pers di Ruangan Media Center Balai Kota Padang, Rabu, (19/8/2020) kemarin.

Akses internet gratis ini jelas Rudy, merupakan sebuah solusi dari pemerintah kota di tengah pandemi Covid-19 khususya untuk menunjang siswa belajar daring selama pandemi. Sehingga para pelajar yang kesulitan belajar daring, bisa memanfaatkan fasilitas tersebut.

"Selain itu, penyediaan akses internet gratis ini juga berperan membuka daerah memasuki dunia digital dan juga dapat dimanfaatkan untuk menunjang perekonomian warga setempat seperti berusaha melalui daring," terangnya.

Tidak hanya di kantor lurah, tambahnya, saat ini pihaknya juga tengah menyiapkan pemasangan internet di masjid-masjid. Yakni di satu masjid per kecamatan, total 11 titik jaringan internet.

"Jadi, dengan demikian akses internet akan semakin mudah. Ada di kantor camat, masjid di kecamatan hingga kantor lurah," ujarnya.

Dia menerangkan, perihal pemanfaatan internet gratis akan di atur lurah setempat. Jika pengguna terlalu banyak, dia menyarankan, agar dibagi per 10 anak setiap dua atau tiga jam. 

"Sehingga kecepatannya stabil dan juga menghindari terjadinya kerumununan mengingat secara masih di masa pandemi ," imbuhnya. 

Lebih lanjut ditambahkan Rudy, sementara itu pada 2021nanti pihaknya akan berupaya menambah 'bandwith', sehingga kecepatan internet teresebut menjadi lebih kencang. Dimana total titik jaringan internet yang disediakan Pemko Padang hingga kini yakni sebanyak 125 titik.

"Pada tahun ini kita targetkan semua kelurahan sudah tersedia akses internet gratis yang bisa dimanfaatkan masyarakat. Begitu juga untuk jangkauan internet akan kita usahakan radiusnya lebih luas bukan di dalam bangunan kantor atau masjid saja. Tapi kalau bisa dapat dijangkau di halaman atau luar halamannya," ujarnya menyebutkan.(vid)