Lurah Diminta Verifikasi Ulang Data, Edi Hasymi: BLT Tahap 2 Untuk yang Belum Dapat

IMPIANNEWS.COM (Padang).

Pemerintah Kota (Pemko) Padang berencana akan segera menyalurkan bantuan langsung tunai (BLT) tahap 2 kepada warga yang terdampak wabah covid-19, dalam bulan ini.

Namun sebelumnya, Pemko akan kembali melakukan verifikasi ulang data penerima di masing-masing kelurahan karena prioritas utama penerima BLT tahap 2 ini adalah mereka yang belum pernah dapat sama sekali.

"Ya, kita sudah instruksikan seluruh lurah untuk memverikasi ulang data penerima BLT tahap 2 ini selambat-lambatnya Senin (10/8/2020) mendatang. Setelah beres, baru kita bagikan dananya," ungkap Asisten I bidang pemerintahan Setdako Padang, Dr. Edi Hasymi kepada ImpianNews.Com, usai memberi pengarahan dalam rapat evaluasi penyaluran BLT Covid-19 di Gedung Bagindo Azizchan Balaikota Padang, Rabu (5/8/2020).

Menurutnya, sesuai instruksi dari pusat, untuk penyaluran BLT Covid-19 di tingkat provinsi, kota dan kabupaten disesuaikan dengan kemampuan keuangan daerah masing-masing.

"Nah, karena kemampuan keuangan kita terbatas maka untuk penerima BLT tahap 2 kita putuskan bagi yang belum dapat sama sekali. Artinya, yang telah mendapatkan BLT tahap 1 dari Pemko sebelumnya terpaksa dikeluarkan dulu namanya," tuturnya menjelaskan.

Diakuinya, dari data yang masuk ke Dinas Sosial melalui perpanjangan tangan camat, lurah, RT dan RW, memang tidak semua data warga yang diusulkan "bermasalah".

"Memang tidak semua kecamatan datanya bermasalah. Ada beberapa kecamatan usulan datanya kami nilai tidak wajar. Masa iya lebih banyak data orang yang belum dapat dibanding data penerima BLT tahap 1 lalu? Makanya kami suruh camat dan lurahnya untuk memperbaikinya kembali," tukasnya menambahkan.

Pada rapat evaluasi tersebut juga dihadiri Kadis Sosial Kota Padang, Af Riadi, Kabag Pemerintahan, Racmadeny Dewi Putri, Kepala BPKA, Camat 11 kecamatan dan 104 lurah se-Kota Padang.

Dari data yang telah masuk ke Pemko melalui Dinas Sosial tercatat ada sebanyak 52.945 orang KK yang akan menerima BLT tahap 2 nanti. 

Angka tersebut otomatis akan berkurang setelah masing-masing kelurahan diminta melakukan verifikasi ulang data dalam beberapa hari ke depan. (noa)