Erwin Yunaz Apresiasi Kebersamaan Warga Payakumbuh Timur

Wawako Erwin Yunaz Shalat Ied bersama jemaah Mesjid Baiturrahman Payobasung 
IMPIANNEWS.COM 
Payakumbuh, --- Wakil Walikota Payakumbuh Erwin Yunaz bersama ratusan warga di kelurahan Payobasung, kecamatan Payakumbuh Timur melaksanakan sholat Idul Adha 1441 Hijriah di Mesjid Baiturrahman Payobasung, Jumat (31/7) dengan khatib Ustadz Tolan dari ICBS Harau 50 Kota serta Imam Sholat Idul Adha seorang Qori Internasional Ihsan Nuzula.

Pada tahun sebelumnya sholat Idul Adha dilaksanakan di lapangan Pospa Payobasung dan sekarang dialihkan ke Mesjid Baiturrahman Payobasung,

“Alhamdulillah, mesjid Baiturrahman kebanggaan warga Payobasung sudah bisa kita gunakan kembali setelah proses pembangunan ulang karna roboh akibat kesalahan konstruksi yang terjadi pada tahun 2018 kemaren.” Ucap AJ. Dt. Mangun Nan Panjang selaku ketua pembangunan Mesjid Baiturrahman Payobasung.

Dilanjutkannya, meskipun Mesjid Baiturrahman belum rampung seratus persen, tetapi kondisi Mesjid sekarang sudah layak untuk kita gunakan seiring dengan pengerjaan Mesjid yang terus berjalan.

Dt. Mangun Nan Panjang itu juga menyampaikan jika anggaran dari pembangunan Mesjid Baiturrahman sebanyak 10 Miliar merupakan sumbangsih dari warga Payobasung yang di rantau maupun di kampung serta juga dari pemerintah daerah dan BUMN serta BUMD.

“Sampai saat ini realisasi anggaran pembangunannya sudah mencapai 5,6 miliar, dan masih kurang sekitar 4 miliar lebih lagi agar mesjid kebanggaan Payobasung ini dapat rampung seratus persen. Dan kami dari pihak pengurus mesjid berharap kita semua disini maupun di rantau untuk selalu bahu-membahu tanpa henti agar mwsjid Baiturrahman ini selesai dibangun,” harapnya.

Wakil walikota Erwin Yunaz pada kesempatan tersebut juga turut menyampaikan bahwa hari raya kurban ini agar dapat dimaknai sebagai momentum untuk meningkatkan rasa kesetiakawanan dan kepedulian sosial di antara sesama mahluk ciptaan Allah SWT yang ada di muka bumi ini.

“Mari kita semua pupuk rasa kebersamaan, seperti pada saat ini dapat kita lihat keadaan mesjid Baiturrahman kebanggaan Payobasung yang masih dalam proses pengerjaannya, dan masih sangat membutuhkan kerjasama kita semua agar mesjid ini dapat kita selesaikan,” ungkap Wawako.

Selain itu, Erwin Yunaz juga mengatakan jika pada kondisi covid-19 saat ini, para siswa-siswi pelajar diharuskan melaksanakan belajar daring dari rumah, sehingga hal ini membuat camat dan lurah di Payakumbuh Timur berinisiatif untuk memfasilitasi para siswa-siswi ini untuk belajar di kantor camat dan lurah dengan menggunakan koneksi internet yang telah disediakan oleh pihak kecamatan maupun kelurahan,” ujar Erwin.

“Akan tetapi, dengan telah digunakan nya masjid Baiturrahman kembali, alangkah lebih baiknya anak-anak kita Yang belajar daring ini agar dapat melaksanakannya di mesjid Baiturrahman. Dimana selain belajar Yang wajib dari Sekolah secara daring saat ini, anak-anak kita ini juga dapat lebih memperdalam ilmu agamanya nanti dengan difasilitasi mesjid Baiturrahman tentunya,” ingat orang nomor dua di Kota Payakumbuh itu.

Sementara Ustadz Tolan dalam khotbahnya mengatakan kesempatan untuk menghadapkan segala kerendahan diri dan kehinaan di hadapan Dzat Yang Maha Mulia dan Perkasa. Juga menghaturkan segala hajad dan kebutuhan hidup di hadapan Tuhan yang Maha Kuasa, curhat atas kelemahan diri dan dosa-dosa di hadapan Allah yang Maha Pengampun.

Idul Adha identik dengan Qurban, tapi qurban yang dimaksudkan khotib dalam khutbah kali ini bukan sekedar menyembelih hewan qurban kemudian dagingnya dibagikan kepada orang-orang yang berhak menerima.

"Qurban yang dimaksudkan adalah melaksanakan pengurbanan hakiki, yakni mengurbankan sebagian yang kita miliki dan cintai, baik harta benda maupun penghormatan untuk dibagikan kepada orang yang lebih membutuhkan, hal itu dilakukan semata-mata untuk melaksanakan “ta’abbudan lillah”, semata-mata mengabdi kepada Allah dalam rangka memperingati dan mengenang pengurbanan besar yang dilakukan Nabiyullah Ibrahim as beserta keluarganya," tukas Khotib.

Setelah sholat Ied dilangsungkan, pengurus bersama warga di kelurahan Payobasung mengajak wakil walikota beserta keluarga yang turut didampingi camat Payakumbuh Timur dan Lurah Payobasung untuk melaksanakan syukuran dengan makan bersama atas telah digunakannya kembali mesjid Baiturrahman untuk kebutuhan bagi warga Payobasung dalam beribadah maupun untuk kebutuhan lainnya.(rel/014)