Terpapar Covid19, Lurah : Jangan Merasa Dikucilkan

IMPIANNEWS.COM 
Payakumbuh, --- Kepala Kelurahan Talang Kecamatan Payakumbuh Barat Riko Eka Putra, SE didampingi Seklur Talang Zikriman, SH menghimbau kepada warga Kelurahan Talang agar bersatu, saling bahu membahu, kemudian terhadap keluarga terpapar Covid19 jangan pernah merasa terkucilkan.

Semenjak diumumkannya penambahan 1 kasus baru oleh Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid19, Kamis siang 9 Juli 2029 secara online melalui Zoom Meting kepada wartawan.

Tidak mengenal waktu, siang malam Hand Phone (HP) Pak Lurah Talang selalu berdering, baik menanyakan kepastian terpapar covid19, meminta diadakan penyemprotan dengan Desinfektan massal di Kelurahan Talang. Bahkan ada yang menanyakan langkah apa yang diambil oleh Lurah.

Menanggapi itu semua, alhamdulillah siang itu juga tim Palang Merah Indonesia (PMI) langsung turun untuk melakukan penyemprotan Desinfektan di area rumah warga yang terpapar covid19.

Terhadap kecemasan warga, Riko meminta janganlah cemas secara berkepanjangan, karena Covid19 tidak dapat berpindah melalui udara. Terhadap salah seorang warga yang terpapar positif Covid19_ saya merasakan bahwa MRF sadar betul dengan protokol kesehatan.

Sejak awal kedatangannya dari Kalimantan, terlebih dahulu telah melakukan isolasi mandiri tanpa ada perintah. Selama Isolasi, saya dapat informasi bahwa MRF selalu dan tetap dikamar atas. Bahkan, Ibu, kakak2 maupun adek2nya belum disalaminya. Diawal menduga merasa terserang Covid19 dan demam.

Untuk itu saya mengajak warga Kelurahan Talang untuk bersatu, bahu membahu memberikan bantuan, baik itu biaya kehidupan sehari hari selama isolasi mandiri sambil menunggu hasil Test Swab terhadap keluarga MRF. Sehingga mengurangi beban biaya hidup sehari hari maupun beban fikiran, kata Riko.

Dikatakan Riko, seperti yang disampaikan pesan Walikota Payakubuh bahwa Covid19 belum berakhir. 

New normal bukan berarti covid-19 sudah pergi dan berakhir, tapi di masa new normal kita harus tetap patuhi protokol kesehatan yang sudah di tetapkan pemerintah, Tetap jaga jarak, pakai masker, sering cuci tangan, hindari kerumunan dan keramaian dan yang penting jangan keluar rumah kalau tidak penting, harap Riko.(zz/014)