Safari Teh Telur Menuju Senyum Jumat ala Payakumbuh Barat

IMPIANNEWS.COM 
Camat Payakumbuh Barat Gagas Kegiatan "SENYUM JUM'AT"
Payakumbuh Barat, --- Camat Payakumbuh Barat L. Kefrinasdi, S.Sos membuat inovasi Baru dengan Menggagas kegiatan yang diberi nama SENYUM JUM'AT. Kegiatan bersepeda santai sekaligus menyerahkan bantuan sembako ini  perdana dilaksanakan kemarin Pagi, 17 Juli 2020 dengan titik start di Halaman Kantor Camat Payakumbuh Barat.

Sesuai dengan namanya, SENYUM JUM'AT adalah kependekan dari Sepeda santai, Empati, Nyumbang Untuk Masyarakat di Hari Jum'at. Kegiatan ini bermula dari kegiatan "Safari Teh Telur" yang dilaksanakan setiap Jumat Malam yang digilir per kelurahan yang ada di Kecamatan Payakumbuh Barat.

Kefrinasdi menyebutkan bahwa kegiatan SENYUM JUM'AT ini adalah kegiatan perdana yang dipadupadankan antara olah raga bersepeda dan pemberian sembako yang dikumpulkan secara sukarela dari ASN yang ada di Kecamatan Payakumbuh Barat.

"Setiap apel gabungan pada hari Senin kita jalankan kotak sumbangan. Tidak ditetapkan jumlahnya. Hasil dari Donasi ini lah yang kita salurkan setiap hari Jum'at" tutur Kefrinasdi.

Dari pantauan di lapangan tampak peserta Gowes yang terdiri dari Lurah dan ASN Kecamatan antusias mengikuti kegiatan ini. Keceriaan tampak dari wajah-wajah yang sudah tidak sabar menjajal rute yang cukup panjang. Dimulai dari Kantor Camat - Kawasan Wisata BWS V - Tanjuang Pauh - Ibuh - Labuh Silang - Tiakar - Koto Panjang - Padang Alai Bodi - Balai Jariang - Sicincin - Aur Kuning - Kantor Camat (finish).

Memasuki kawasan wisata BWS V peserta Gowes istirahat sejenak menikmati suasana batang Agam yang sangat cantik ini. Tampak mereka mengabadikan moment perdana memakai sepeda bersama rekan-rekan ASN ini.

"Kami sangat menikmati perjalanan ini. Ini adalah kegiatan yang sangat luar biasa dalam rangka mempererat tali silaturahmi antar sesama ASN" ujar Lurah Nunang Daya Bangun Ari Ashadi.

Tidak terlena dengan kawasan wisata, sebab ada misi kemanusiaan yang harus segera disampaikan, peserta pun tampak mengayuh dengan semangat pedal kretangin itu. Salam satu aspal mereka berikan saat camera Vidio merekam wajah-wajah yang penuh semangat tersebut.

Pemberian sumbangan sembako kali ini jatuh kepada kelurahan Labuh Silang. Dua orang warga yang tergolong tidak mampu diberikan langsung sumbangan sembako melalui Camat Payakumbuh Barat. Tampak keharuan dari wajah mereka saat menerima uluran tangan tersebut.

"Terimakasih banyak Pak atas sumbangan sembako ini. Kami sangat bahagia menerimanya. Disamping itu kami juga dapat bertemu langsung dengan Pak Camat dan para Lurah di Kecamatan Payakumbuh Barat ini" ujar  salah seorang penerima bantuan tersebut.

Usai pemberian sembako ini, perjalanan pun dilanjutkan menuju Kecamatan Payakumbuh Timur. Istirahat menikmati teh telur dan minuman lainnya di warung warga  pun menjadi moment spesial tersendiri. Derai tawa antar sesama goweser pun menambah kehangatan kegiatan tersebut.

Dalam semangatnya, Kefrinasdi juga memberikan apresiasi kepada Forum Komunikasi Lurah (FKL) Payakumbuh Barat yang saat ini sedang kompak-kompaknya. Banyak ide dan gagasan yang akan diwujudkan dalam waktu dekat ini.

"Luar biasa FKL Payakumbuh Barat sekarang ini. Kami selaku Camat akan terus mendorong para Lurah untuk terus berinovasi. Kekompakan tentunya menjadi modal dasar untuk mereka berbuat lebih giat lagi" tutup Kefrinasdi.(rel/014)