Rangking Di SMP Masuk MAN 1 Pasaman Terima Beasiswa Setahun


IMPIANNEWS.COM (Pasaman).

Madrasah Aliyah Negeri (MAN) menjadi lembaga pendidikan yang akan terus diminati khususnya oleh masyarakat Pasaman.

Tahun ini, bekerjasama dengan Bank Syariah Mandiri (BSM) cabang Lubuk Sikaping, MAN 1 Pasaman memberikan beasiswa selama satu tahun kepada calon siswa yang memiliki prestasi ranking di sekolah tingkat pertamanya MTs maupun SMP.

“Bagi yang mendapat ranking pertama, kedua dan tiga saat menamatkan pendidikan di sekolahnya maka MAN 1 Pasaman memberikannya beasiswa selama satu tahun”terang Kepala MAN 1 Pasaman Darwin saat acara pembukaan Masa Orientasi Pengenalan Madrasah yang diikuti sebanyak 270 siswa baru Selasa (14/7).

Dilaporkan Darwin, ada sebanyak 30 siswa baru yang berasal dari MTs dan SMP menerima beasiswa dari BSM Cabang Lubuk Sikaping.

Secara resmi beasiswa tersebut diserahkan Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pasaman Dedi Wandra dan Kepala BSM Cabang Lubuk Sikaping Ronaldi yang diwakili oleh empat orang siswa baru.

Dedi Wandra mengucapkan terima kasih dan bersyukur atas adanya beasiswa ini sekaligus atas jalinan kerjasama antara Kemenag dengan perbankan syariah di kabupaten ini.
Menurutnya, ini menjadikan madrasah semakin diminati oleh masyarakat apalagi dari informasi didapat ratusan calon siswa yang tidak dapat diterima masuk.

Katanya lagi, dengan adanya beasiswa tersebut akan dapat mewujudkan madrasah hebat bermartabat dengan melahirkan siswa berprestasi diberbagai bidang tidak hanya sains juga lainnya semisal olah raga dan seni.

Kedepan, Dedi Wandra berharap adanya peningkatan jumlah penerima beasiswa mungkin tidak hanya dari rangking belajar namun dilihat dari prestasi lainnya seperti olahraga, seni agama dan sebagainya.

Ia juga memotivasi seluruh siswa baru untuk bangga belajar di madrasah, karena tidak dipungkiri lulusan madrasah khususnya pada MAN 1 Pasaman banyak berhasil seperti dirinya yang pernah pula menjadi siswa madrasah.

“Saya adalah lulusan madrasah dan bahkan guru saya adalah Bapak Darwin”,akuinya.

Kepala Seksi Pendidikan Madrasah Nafrizal menyebutkan untuk keseluruhan siswa yang menerima beasiswa sebayak 45 orang dengan rincian 15 siswa yang masuk ke MAN 2 Pasaman di Rao Selatan dan 30 siswa yang melanjutkan pendidikan pada MAN 1 Pasaman Lubuk Sikaping ini.(suf78)