Idul Adha Tampa Sampah. Ini Himbauan Walikota Payakumbuh

IMPIANNEWS.COM
Payakumbuh, --- Mengantisipasi penambahan sampah di wilayah Kota Payakumbuh, khususnya di momen Idul Adha yang identik dengan penyembelihan hewan qurban. Selain untuk mewujudkan masyarakat sadar PHBS, peduli sampah adalah salah satu wujud konstribusi warga mempertahankan Kota Payakumbuh sebagai peraih Piala Adipura.

Untuk itu, Walikota Payakumbuh Riza Falepi mengeluarkan Surat Edaran bernomor:660.25/SE/WK-Pyk/VII-2020 tanggal 7 Juli 2020 tentang pelaksanaan Idul Adha 2020 dan Qurban Bebas Sampah. 

Dalam SE berdasar pada Perwako Nomor 89 Tahun 2018 tersebut, Riza Falepi berharap agar pelaksanaan ibadah Idul Adha 2020 sekaligus pelaksanaan qurban warga bisa bijaksana. Idul Adha dan Qurban Tampa Sampah. Karena kedua kegiatan keagamaan tersebut berpotensi sampah, termasuk sampah plastik. 

Ditegaskan Riza Falepi, Untuk mendukung program Idul Adha 1441 H Tampa Sampah Kami menghimbau pimpinan instansi, pengurus mesjid/mushalla, panitia qurban agar memperhatikan hal sebagai berikut :


  1. Menghimbau panitia qurban mengurangi pemakaian kantong plastik (kresek), menghimbau warga mempergunakan wadah tersendiri yang bisa dipakai ulang saat menjemput pembagian daging qurban. 
  2. Wadah tersebut bisa berupa daun, bakul, wadah yang sengaja dibawa dari rumah. 
  3. Panitia menyediakan sarana prasarana pengelolaan sampah di lokasi pelaksanaan Idul Adha dan lokasi pelaksanaan penyembelihan hewan qurban.
  4. Melibatkan petugas sampah kelurahan dalam pelaksanaan Idul Adha dan penyembelihan hewan qurban. 
  5. Tidak membuang darah dan tulang hewan qurban ke dalam sungai, tali bandar, selokan. Panitia mesti menyiapkan lubang untuk penimbunan tulang dan darah. 
  6. Menyiapkan Satgas Khusus untuk mengedukasi dan sosialisasi untuk kampanye pengurangan sampah plastik. 
  7. Segenap masyarakat wajib mensukseskan program Idul Adha Tampa Sampah Plastik. 
"Demikian himbauan kami atas nama Pemko Payakumbuh, mari kita sukseskan bersama program Payakumbuh bebas sampah plastik, khususnya di momen Idul Adha 1441 H,"imbau Riza Falepi.(014)