Gugus Tugas Kejar 1% SWAB Dimulai dari Utara



IMPIANNEWS.COM

Payakumbuh, --- Target maksimal, sebanyak 1% dari jumlah penduduk 137 ribu jiwa, mulai dikejar Tim Gugus Tugas (TGT) Penanganan dan Pencegahan Covid-19 Payakumbuh. Selama 11 hari, 30 Juni hingga 10 Juli mendatang, petugas kesehatan TGT, melakukan tes SWAB kepada warga lima kecamatan di kota ini.

Tes SWAB massal itu diawali dari Kecamatan Payakumbuh Utara, Selasa (30/6). Dilaksanakan di Kantor KAN Koto Nan Gadang. Sehari sebelumnya, Senin, saat video confence bersama awak media, di ruang randang balaikota, Walikota H. Riza Falepi selaku Ketua TGT, menginformasikan tujuan tes SWAB tersebut. Dan itu merupakan kebijakan Gubernur Irwan Prayitno, memastikan Sumbar bebas Covid-19.

Dikatakan, meski ke-20 warga Payakumbuh positif Covid-19 sudah sembuh, tapi tetap waspada dan meyakini, bahwa Payakumbuh benar-benar bebas virus corona deasase. Untuk itu, satu persen warga kota, atau sekitar 1.300 warga, menjadi target pengambilan SWAB.

"Kita baru bisa menyatakan bebas Covid-19, jika sudah diambil sampel tes SWAB kepada 1 persen warga kota ini," tegas walikota.

Kepala Dinas Kesehatan Dr. Bakhrizal menjelaskan SWAB massal itu, pesertanya disampling, berdasarkan data warga kelurahan yang sudah ada di setiap kecamatan.

Target SWAB Payakumbuh Utara, direncanakan 380 orang. Mudah-mudahan semuanya datang untuk di SWAB, harap Bakhrizal.

Heppy Harianto, salah satu warga yang ikut SWAB dari Kelurahan Koto Kociak Kubu Tapak Rajo, mengaku mengikuti SWAB untuk kebaikan dirinya dan keluarga. "Kalau tak ikut SWAB, bagaimana kita tahu dengan kondisi kesehatan diri sendiri serta keluarga. Apapun hasilnya, saya serahkan kepada Allah SWT. M7dah-mudahan neqatif," kata Heppy.

Sementara itu, Camat Desfitawarni berharap tidak ada warganya yang positif, dorongan camat dan lurah untuk melaksanakan SWAB ini sangat kuat kepada warga.

Jadwal SWAB selanjutnya adalah, di Payakumbuh Timur, dilaksanakan di empat titik, yaitu di Pustu Padang Alai dan Puskesmas Aia Tabik, Rabu (1/7). Kemudian, Kamis (2/7), di Balai Batimah dan Payobasung.

Di Payakumbuh Selatan, dilakukan di kantor camat setempat, Kamis (2/7). Sedangkan, di Kecamatan Latina berlangsung Puskesmas Lamposi, Jumat (3/7).

Sementara, untuk Payakumbuh Barat, akan digelar selama sepekan, 6-10 Juli. Karena cukup banyaknya warga yang akan di SWAB, maka lokasi pengambilan SWAB akan memanfaatkan seluruh puskesmas, yaitu di Ibuh, Payolansek dan Parit Rantang.

Posting Komentar

0 Komentar