35 Derajat Arah Kiblat Bergeser


IMPIANNEWS.COM (Pasaman).

Kemarin (15/7), terjadi pergeseran arah kiblat setelah dilakukan kalibrasi oleh Tim Badan Hisab Rukyat (BHR) Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pasaman.

Usai melaksanakan rukyatul hilal di halaman kantor setempat, Kepala Seksi Bimas Islam Hasyyunil bersama stafnya menyampaikan hasil telah terjadinya pergeseran arah kiblat dari arah selama ini berkisar 35 derejat.

“Setelah kami melakukan kalibrasi tepat pada pukul 16.27 WIB, maka dipastikan bergesernya arah kiblat ke arah utara”,sampai Hasyyunil.

Kasi Bimas menegaskan, agar seluruh Kepala Kantor Urusan Agama (KUA) kecamatan melakukan kalibrasi arah kiblat di masjid/mushalla wilayah masing-masing guna mengakurasikan arah kiblat.

Artinya, seluruh rumah ibadah masjid, mushalla maupun surau harus dilakukan kembali pengukuran atau kalibrasi sehingga tidak terjadi pelencengan arah shalat ummat Islam.

Dirinya menjelaskan, bahwa kalibrasi ini dilakukan disebabkan pada tanggal 14-16 Juli 2020 matahari kembali melintas di atas Ka’bah yang disebut sebagai Rashdul Qiblah atau Istiwal A'zham, maka penting harus diakurasikan kembali arah shalat ummat Islam.

Disebutnya karena saat itu, seluruh bayangan benda yang berdiri tegak yang terkena sinar matahari akan menunjuk ke arah kiblat.

Hasyyunil mengatakan, tim melakukan kalibrasi arah kiblat dengan menggunakan alat theodolit yang diletakkan di tempat berpermukaan datar yang terkena sinar matahari lalu mengamati bayangan pada jam 16.27 WIB.(suf78)