115 Orang ASN Pemko Padang Ikuti Ujian Dinas dan Penyesuian Ijazah

Wali Kota Padang
H. Mahyeldi Ansharullah.
IMPIANNEWS.COM (Padang).

Sebanyak 115 orang Aparatur Sipil Negara (ASN) dilingkungan Pemerintah Kota Padang mengikuti Ujian Dinas dan Ujian Penyesuaian Ijazah bertempat di Aula Bagindo Aziz Chan, Balaikota Padang, Aie Pacah, Senin  (06/07/2020).

Seperti diketahui, ujian tersebut dilakukan untuk kenaikan pangkat dan golongan bagi ASN dilingkungan Pemko Padang. Dari 115 orang peserta tersebut, yang mengikuti Ujian Dinas tingkat I sebanyak 28 orang, tingkat II sebanyak 10 orang, penyesuaian ijazah SMA sebanyak 5 orang, penyesuian Ijazah D3 sebanyak 15 orang, penyesuaian ijazah S1 sebanyak 56 orang dan penyesuaian ijazah S2 sebanyak 1 orang.

Wali Kota Padang Mahyeldi Ansharullah sewaktu membuka kegiatan menyampaikan, untuk ujian kenaikan pangkat, pemerintah memang telah menetapkan mekanisme berupa Ujian Dinas Tingkat I untuk memfasilitasi PNS yang berpangkat Tk.I (Golongan II/d) dan telah memenuhi syarat yang elah ditentukan untuk dapat dinaikan pangkatnya  lebih tinggi pada Penata Muda (Golongan III/a). 

"Sementara, ujian dinas Tk.II untuk memfasilitasi PNS yang berpangkat Penata Tk.I (Golongan III/d) dan telah memenuhi syarat untuk dinaikan pangkatnya pada pembina (Golongan IV/a)," jelasnya.

Lebih jauh disampaikan wako, untuk Ujian penyesuai ijazah, diperuntukan bagi PNS yang memiliki dan memperolah ijazah sesuai dengan ketentuan yang berlaku, agar dapat diberikan kenaikan pangkat pilihan sesuai dengan jenjang pendidikan ijazahnya, dengan ketentuan harus mengikuti dan lulus ujian kenaikan pangkat penyesuaian ijazah. 

"Inti dari penyelenggaraan ujian ini adalah bahwa sebelum naik kegolongan/pangkat yang lebih tinggi, maka pesertadiwajibkan menguasai dan lulus terkait materi-materi yang diujikan. Diantaranya, Pancasila, UUD 1945, Bahasa Indonesia, Sejarah Indonesia dan peraturan undang-undang dibidang kepegawaian, pengetahuan dan Korpri," ungkapnya.

Selanjut Wako Mahyeldi menekankan bahwa penyelenggaraan ujian ini bukanlah sebagai formalitas, melainkan merupakan bentuk perjuangan peserta sebagai PNS. Oleh karena itu diharapkan agar peserta dapat mengikuti tata tertib ujian dan dilaksanakan secara sungguh-sungguh dan menjunjung tinggi nilai kejujuran. 

"Semoga, dengan adanya ujian dinas ini, akan terwujud Sumber Daya Manusia Aparatur yang lebih kompeten dan profesional dalam tugas-tugas pelayanan publik. Dan saya mengucapkan selamat menempuh ujian, semoga berjalan dengan lancar dan memperoleh hasil yang memuaskan," tukuknya. 

Sementara itu, Kepala BKPSDM Kota Padang Suardi menyebutkan, tujuan diselenggarakan ujian dinas dan ujian penyesuaian ijazah adalah untuk pengembangan karir pegawai negeri sipil di lingkungan Pemerintah Kota Padang, khususnya yang akan naik pangkat ke golongan yang lebih tinggi, karena setiap naik golongan harus pula diikuti oleh meningkatnya kompetensi yang bersangkutan dan dibuktikan dengan bertambanya pengetahun dan keterampilan, sikap dan perilaku.

“Ujian dinas dan ujian penyesuaian ijazah diselenggarakan selama dua hari, sejak hari ini, Senin 6 Juli 2020, sampai Selasa 7 Juli 2020. Dengan dua tahap yaitu, ujian Computer Assisted  test (CAT) dan Seleksi wawancara,” sebutnya. (Mul).

Posting Komentar

0 Komentar