Duo Datuak Beri Motivasi Warga Kampung Jambak Lubuk Lintah dan Surau Balai


IMPIANNEWS.COM (Padang).

Kehadiran duo orang datuak pada acara gotong-royong (goro) bersama membersihkan jalan oleh warga Kelurahan Lubuk Lintah dan Anduring Kecamatan Kuranji, Minggu (7/6/2020), benar-benar menjadi inspirasi tersendiri bagi warga setempat.

Pasalnya, jalan umum dari Surau Balai menuju Kampung Jambak Kandang Batu dan Bariang Cubadak Ampo tersebut berada dalam wilayah dua kelurahan, yakni Kelurahan Anduring dan Lubuk Lintah.

"Walaupun jalan ini melewati dua kelurahan itu tak jadi persoalan. Yang penting sekarang, bagaimana kita bisa memupuk kembali semangat bergotong-royong masyarakat di Nagari Pauh IX ini," ungkap Ketua Majelis Pertumbangan Adat (MPA) KAN Pauh IX Kecamatan Kuranji, Irwan Basir Dt. Rajo Alam kepada warga setempat saat istirahat siang.

Ikut hadir pada kesempatan itu, Ketua Badan Musyawarah Pembangunan Nagari (BMPN) Pauh IX, M Fikar Dt. Rajo Magek, Lurah Lubuk Lintah, Yudi Asril, Lurah Anduring, Riki Januar, RT 04 RW 02 Kelurahan Lubuk Lintah, Jhony Rajo Lenggang selaku "si pangka", dan sejumlah warga setempat.

Menurut Irwan Basir, semangat goro yang sejak dulu sudah membudaya di kalangan masyarakat Minangkabau, akhir-akhir ini sudah mulai memudar seiring perkembangan teknologi dan informasi.

"Dampak negatif dari modernisasi dan kemajuan teknologi telah memunculkan sifat individualistis. Kalau kita tidak melestarikan budaya leluhur kita tersebut, maka kehidupan sosial bermasyarakat seperti ini akan hilang ditelan waktu. Oleh sebab itu, semangat goro ini harus selalu kita pertahankan dan diwariskan kepada anak cucu kita demi kebaikan bersama," tutur penghulu suku Jambak tersebut mengingatkan.

Hal senada juga disampaikan Ketua BMPN Pauh IX Kecamatan Kuranji, M Fikar Dt. Rajo Magek.

"Bergoro membersihkan lingkungan ini merupakan salah satu cara untuk mencegah penularan virus corona (covid-19). Sebab, kalau diri kita selalu bersih dan lingkungan juga bersih maka Insya Allah covid-19 tersebut akan menjauh dari kita," ucap Fikar sembari memberikan motivasi.

Untuk itu, Fikar mengajak masyarakat agar selalu menjaga kekompakan dan bersama-sama melawan virus corona. Salah satu caranya, menjaga kebersihan diri dan lingkungan masing-masing.

"Insya Allah, dalam waktu dekat pemerintah akan menetapkan program new normal pasca berakhirnya kebijakan PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar) tanggal 7 Juni 2020 ini. Jadi, pola hidup sehat harus menjadi budaya baru kita dalam kehidupan mendatang," kata Kepala SMP Muhammadiyah 7 Padang itu menambahkan.

Guna mendukung kegiatan warga, Datuk Irwan Basir memberikan sumbangan spontanitas sebesar Rp1 juta, Camat Kuranji, Eka Putra Buhari yang juga menyempatkan hadir beberapa saat turut menyumbang Rp500 ribu dan duo lurah bersama warga juga ikut "badoncek" mengumpulkan dana.

Seluruh dana yang terkumpul itu akan digunakan untuk pengecoran bahu jalan sepanjang lebih kurang 1 kilometer tersebut. Sementara Ketua BMPN Pauh IX, M Fikar juga ikut berpartisipasi dengan menanggung seluruh biaya konsumsi makan siang warga yang ikut dalam goro tersebut. (noa)

Posting Komentar

0 Komentar