MTsN 2 Bukittnggi Gelar Bazar Kewirausahaan Kuliner Lokal

IMPIANNEWS.COM
Bukittinggi, --- Melatih kewirausahaan siswa, MTsN 2 Kota Bukittinggi mengadakan Bazar kewirausahaan ke-4 tahun 2020 Kamis, 05 Maret 2020 bertempat di halaman Madrasah setempat.

Kegiatan bazar kewirausahaan yang dibuka secara resmi oleh Kepala MTsN 2 Bukittinggi Fakhri, S. Pd tersebut hanya di peruntukan untuk siswa kelas VII saja yang mana setiap kelas di bagi menjadi 4 kelompok dengan 32 stand dagangan. 

Dagangan yang di jajakan tersebut merupakan hasil karya siswa sendiri dengan aneka menu makanan ringan. Mulai dari menu makanan yang tradisional seperti lapek, tahu isi dan sebagainya sampai menu makanan olahan milenial terhidang dalam bazar tersebut.

Kegiatan ini mendidik siswa untuk telaten dalam menghitung dan memprediksi dagangan apa yang laris diminati rekan sebayanya sebagai bentuk miniatur kehidupan kedepan yang nanti akan dihadapi mereka dalam kehidupan lebih luas lagi.

Kepala MTsN 2 Bukittinggi Fakhri, S. Pd kepada Inmas mengungkapkan rasa gembiranya karena kegiatan bazar tersebut berlangsung meriah dan sukses melibatkan seluruh siswa dan partisipasi orang tua. 

"Melalui kegiatan bazar kuliner ini diharapkan para peserta didik dapat belajar menjadi wirausaha, belajar bekerjasama,  belajar mengolah makanan, menyajikan dan menjual serta terjadi eksplorasi kreatifitas dengan berbagai inovasi. Kegiatan ini sekaligus menjadi praktek pembelajaran IPS ekonomi, matematika dan pra karya dalam yang di implementasikan kedalam kehidupan sehari-hari yang sangat bermanfaat untuk masa depan mereka," tuturnya.

Dalam kegiatan tersebut siswa di beri keleluasaan mewujudkan apa yang menjadi keinginan mereka sesuai dengan pengamatan pangsa pasar jajanan siswa  ( khusus di lingkungan Madrasah ).Hal ini terbukti dengan banyaknya varian makanan yang di suguhkan siswa dalam acara bazar tersebut serta menurut informasi yang didapat satu stand berhasil memperoleh keuntungan berkisar antara 75  - 250 ribu rupiah.

Sementara itu di sisi lain Ka. Kankemenag Kota Bukittinggi melalui Kasi Pendidikan Madrasah Hilaluddin menyampaikan apresiasi atas kegiatan yang dilakukan MTsN 2 Bukittinggi dalam melatih anak didiknya mempraktekkan mata pelajaran yang diajarkan dalam satu kegiatan seperti acara Bazar Kewirausahaan. Setidaknya ada tiga mata pelajaran yang bisa di praktekan dalam kegiatan ini yaitu pelajaran IPS ekonomi, Matematika dan keterampilan. Mudah-mudahan para siswa bisa terlatih untuk berwirausaha sehingga nantinya dalam kehidupan sehari-hari bisa di praktekan. Madrasah Hebat Bermartabat," tuturnya. (Sy/014)

Post a Comment

0 Comments