Kakanwil Hendri Buka Pra Manasik Haji di Bukittnggi

IMPIANNEWS.COM
Bukittinggi, --- Bimbingan Pra Manasik Haji Kementerian Agama Kota Bukittinggi Jum’at, 13 Maret 2020 dibuka secara resmi oleh Kepala Kantor Wilayah Kemenag Provinsi Sumatera Barat, H. Hendri didampingi Kepala Kemenag Kota Bukittinggi, H. Abrar Munanda dan Kepala Sub Bagian Tata usaha, H. Zulfikar bertempat di Mushalla MAN 2 Bukittinggi. 

Kegiatan tersebut di hadiri Kepala Seksi, Penyelenggara, Pengawas, Camat, Kepala KUA, Kepala Madrasah, serta  jama'ah haji Kota Bukittinggi tahun 1441 H.

H.Abrar Munanda Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Bukittinggi dalam laporannya menyampaikan berharap agar Bapak Ka. kanwil kemenag Provinsi Sumatera Barat berkenan memberi pencerahan perdana kepada 260 lebih calon jama'ah haji yang hadir.

Sebelum membuka secara resmi kegiatan pra manasik, Kakanwil Kemenag Provinsi Sumatera H. Hendri menjelaskan Undang-Undang Nomor 8 Tahun 2019 Tentang Penyelenggaraan Haji dan Umrah.

Selanjutnya H. Hendri mengingatkan para jamaah calon jamaah haji agar memahami tujuan dan hikmah ibadah haji. Dimana perjalanan haji bukan untuk menghambur-hamburkan uang agar dipandang orang, bukan sekedar perjalanan wisata ke Tanah Suci. Bukan pula untuk berbelanja atau untuk mendapatkan peci haji. Tapi tujuan akhirnya adalah haji mabrur yang balasannya adalah sorga dari Allah.

H. Hendri mengupas bagaimana cara memperoleh prediket haji mabrur, dengan memaparkankan pendapat Imam Nawawi. Dimana ada 5 bentuk syarat yang harus dipenuhi untuk mendapatkan kemabruran ibadah haji.

“Niat yang ikhlas mengawali perjalanan ibadah haji dan mengaplikasikan setelah selesai melaksanakan ibdah haji. Setiap sesuatu yang akan diperbuat, semuanya dilandasi niat yang tulus da ikhlas semata-mata hanya karena Allah,” ucap H. Hendri

“Kedua adalah rizki yang halal sebagai modal perjalanan haji, ketiga melaksanakan manasik sebagaimana manasiknya Rasulullah SAW, keempat menjaga lidah atau perkataan dan kelima ada perubahan peningkatan ibadah atau amal,” tandasnya.

Semoga semua jamaah calon haji asal Kota Bukittinggi mampu memenuhi 5 syarat tersebut, lancar melaksanakan pra manasik dan manasik. Selalu diberi kesehatan oleh Allah, dimudahkan dalam beribadah, selamat pulang pergi ke TanahSuci dan menjadi haji yang mabrur.

Pada kesempatan tersebut H. Hendri didampingi Ka. Kankemenag Kota Bukittinggi H. Abrar Munanda, Kepala Sub Bagian Tata usaha, H. Zulfikar Kepala MAN 2 menanda tangani prasasti tanda telah di resmikan nya mushalla megah yang di bangun donatur yang tidak mau di publikasikan yang juga merupakan Alumni MAN 2 Bukittinggi.(sy/014)

Post a Comment

0 Comments