Kadis PUPR Kota Padang Yeni Yuliza Tahun ini, 5 Kantor Lurah Dibangun

IMPIANNEWS.COM (Padang).

Pada tahun 2020 ini dibangun sebanyak 5 kantor lurah di Kota Padang dengan pagu anggaran Rp8 miliar. Pembangunannya selesai dalam tahun ini dan sudah bisa dioperasikan. Selanjutnya, untuk pembangunan kantor camat baru dalam tahun ini tak ada, hanya melanjutkan pembangunan kantor camat Padang Barat di Jln. Veteran.

Hal itu ditegaskan Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Padang Yeni Yuliza didampingi sekretarisnya Rusdi dan Kabid Cipta Karya, Insanul Rizki kepada Singgalang baru-baru ini.

Disebutkannya, 4 dari 5 kantor lurah baru yang akan dibangun tersebut sudah dilaksanakan lelang tinggal menunggu pembebasan lahan aset saja lagi. Sedangkan satu Kantor Lurah Lambung Bukit sedang proses lelang.  

Lebih jauh disebutkan 5 kantor lurah yang dibangun tersebut seperti Kantor Lurah Alai Parak Kopi, Kantor Lurah Gantiang Parak Gadang Timur, Kantor Lurah Kampung Baru dan Kantor Lurah Lambuang Bukik.    

Sedangkan pada tahun 2019 lalu dibangun 3 Kantor Lurah Belakang Tangsi, Kantor Lurah Pasia Nan Tigo dan Kantor Lurah Jati Rawang.

Dijelaskan Insanul Rizki, syarat untuk bisa dibangun kantor lurah baru tersebut minimal memiliki tanah 200 M2 dengan konsep bangunan 2 lantai. Bila bangunan kantor lurah tersebut satu lantai, maka luas lahannya minimal 300 M2.

Insanul Rizki memang mengakui dari 5 kantor lurah yang akan dibangun tersebut, ada satu lahan yang ada penolakan sebagian kecil warga yakni rencana pembangunan Kantor Lurah Kampung Baru Kecamatan Lubuk Begalung.

Namun, persoalan itu kini sudah selesai dan warga yang menolak sudah setuju dan proses pembangunan sedang disiapkan.

"Penolakan warga tersebut tak memiliki alasan yang mendasar dan jumlah warga yang menolak pun sedikit. Setelah dilakukan beberapa kali musyawarah akhirnya terjadi kesepakatan,"ujar Insanul Rizki.

Lebih jauh dijelaskan Insanul Rizki, kantor camat Padang Barat yang akan dilanjutkan pembangunannya pada tahun 2020 ini mengunakan dana APBD dengan total Rp9,5 miliar. Pada tahun 2019 lalu baru progres pengerjaan sebesar 30 persen.

Ditambahkan Rizki, kantor camat Padang Barat tersebut dibangun dengan 3 lantai yang ramah terhadap gempa serta dijadikan shelter. Pada lantai 1 bangunan difungsikan untuk pelayanan masyarakat, lantai 2 untuk kantir camat beserta jajarannya. Lalu, lantai 3 sebagai aula untuk mengelar berbagai pertemuan. Sedangkan di lantai 4 atau bagian atap yang dijadikan shelter dengan kapasitas bisa menampung sebanyak 100 orang.PR-09.

#tafch
#sawal
#rizki
#kantorlurah
#yeniyuliza

Post a Comment

0 Comments