TPA Regional Payakumbuh Mendapat Kunjungan Kodim 0306/50 Kota

IMPIANNEWS.COM
Payakumbuh, --- Tak hanya Panti Asuhan dan Panti Jompo, Puluhan pekerja Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Regional Payakumbuh juga mendapat kunjungan khusus dari Kodim 0306/50 Kota dan Ibu-Ibu Persit Cab LX Dim 0306/50 Korcab Rem 032 PD I/Bukit Barisan dalam rangka Hari Ulang Tahun Persit Kartika Chandra Kirana ke 74.

Jum'at (13/3/2020), Anjangsana sekaligus Jumat Barokah yang dipimpin oleh Dandim 0306/50 Kota Letkol Kav Ferry S Lahe ini bersama Ibu Ketua Persit Gumilang Putri H. ini turut didampingi oleh Wadanramil 01/Pyk Kapten Czi Joni Forta, babinsa dan ibu-ibu Persit, serta Koornidator unit TPA Regional Payakumbuh Delma Usni atau akrab dipanggil Pak Sadat.

Anjangsana ini disambut antusias pekerja TPA dan keluarga mereka, tampak mereka membawa anak-anak mereka untuk bertemu TNI dan para istri. Ibu-ibu Persit berbagi sembako dan sedekah kepada mereka, bantuan yang diserahkan adalah hasil dari sumbangsih sosial para ibu-ibu Persit, baik untuk HUT Persitnya maupun untuk program rutin Persit Cab LX Dim 0306/50, yakni Jum'at Barokah.

"Jum'at barokah ini sekalian bertepatan dengan perayaan HUT Persit, jadi sekalian kita memberikan bantuan sembako, nasi bungkus, dan sedikit uang jajan khusus untuk anak-anak para pekerja, meskipun tidak banyak, kita harap bisa membantu meringankan beban mereka, kami ingin berbagi kebahagiaan di HUT Persit ini," kata Gumilang.

Dandim 0306/50 Kota Letkol Kav. Ferry S Lahe menyebut HUT Persit ini dirayakan secara serentak di seluruh Indonesia, namun demikian, Kodim 0306/50 Kota mengisinya dengan kegiatan berbeda-beda, dirinya ingin tak hanya seremonial belaka namun ada edukasi dan sharing informasi disana.

"Ini pertama kalinya kita laksanakan HUT Persit bersama Pekerja TPA Regional, tujuannya selain berbagi, kita ingin mengajak seluruh unsur peduli dengan masalah sampah dan dampaknya ke lingkungan. Kita juga memberikan edukasi bagaimana kesejahteraan dapat diperoleh hanya dari mengelola sampah. Nantinya kita dorong ada semacam koperasi untuk menjamin penghidupan pekerja disini, mereka menjadi anggota Koperasi Luar Biasa namanya," kata Dandim.

Pak Sadat, Koornidator Unit TPA Regional Payakumbuh menyebut sangat berterimakasih atas perhatian yang diberikan Kodim 0306/50 Kota bersama Ibu Persit yang membantu meringankan para pekerjanya.

"Kegiatan yang bermanfaat ini kami harapkan dapat terus dilaksanakan, karena langsung menyentuh ke masyarakat yang perekonomiannya lemah, Bapak Dandim nampaknya juga Action dengan sampah, kami dari Dinas LH Sumbar berharap nanti bisa bekerjasama dengan Dandim 0306/50 Kota untuk meningkatkan perekonomian warga lewat pengelolaan sampah ini kedepan, penuh inovasi," ujarnya.

Sementara itu, pekerja TPA, Pak Zul menyebut terharu dengan perhatian dandim dan ibu-ibu Persit ini, dirinya menyebut sebagai rakyat kecil yang biasanya bergelut dengan sampah, hari ini didatangi oleh TNI untuk dirangkul dalam perayaan HUT Persit.

"Kami tidak menyangka bapak dandim dan istri mau datang ketempat kotor dan bau seperti ini, kami diberi santunan pula olehnya, semoga dibalas oleh Allah SWT," ujar Pak Zul. (rel/014)

Post a Comment

0 Comments