Dika Pitopang : Mulai dari Peduli hingga Hobi

IMPIANNEWS.COM
Catatan, --- Berbagai upaya peningkatan kepedulian akan kebersihan terus dilakukan secara berkelanjutan oleh Dinas Lingkungan Hidup Kota Payakumbuh. Memasuki tahun kedua masa kepemimpinan Bapak Dafrul Pasi M di DLH Kota Payakumbuh ada warna baru dalam usaha sosialisasi pemilahan sampah. 

Tak hanya mengoptimalkan keberadaan bank sampah, TPST, dan kelompok masyarakat seperti Duta Zero Waste, Dafrul juga memanfaatkan jalur hobi seperti mengadakan turnamen futsal dengan insert serta denda berupa sampah plastik 29 Februari sampai 1 Maret 2020 lalu.

Sebanyak 15 tim futsal dari 15 sekolah setingkat SLTA di Payakumbuh dan Limapuluh Kota dengan antusias mengikuti kejuaraan futsal Wali Kota Cup Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) 2020 dari total undangan yang disebar ke 22 sekolah. Hasilnya lebih dari 100kg sampah plastik terkumpul sepanjang turnamen, karena denda kartu kuning dan kartu merah pun harus dibayar dengan sampah.

Tak hanya itu, beberapa waktu sebelum gelaran turnamen futsal ini DLH bersama mahasiswa STKIP juga telah melakukan penyisiran sampah di sepanjang Batang Agam.

Lalu di puncak acara HPSN 2020, Jumat 06 Maret, DLH mengadakan apel dan senam bersama di GWS Lima Sumatera, atau yang oleh masyarakat lokal lebih dikenal dengan nama "taman Batang Agam". Tidak kurang dari 600 orang undangan yang hadir di lokasi selain dari panitia.

Puluhan doorprize yang telah disediakan pun dibagikan dengan memberikan pertanyaan terkait persampahan dan kebersihan lingkungan pada peserta yang antusias. Tidak hanya dengan menjawab pertanyaan, peserta yang berhasil mengumpulkan sampah terbanyak di lokasi acara juga mendapatkan bingkisan.

Semarak, ini yang dapat penulis rasakan dalam rangkaian HPSN 2020 di Kota Payakumbuh ini. Tidak salah kiranya penulis menyebut bahwa DLH Payakumbuh dan unsur terkait telah berhasil memberi warna baru dalam sosialisasi yang konon biasanya kaku dan membosankan. Sangat tepat dengan tema HPSN kali ini : Indonesia Bersih, Indonesia Maju, dan Indonesia Sejahtera. (rel/014)

Post a Comment

0 Comments