Cegah Corona, Walikota Payakumbuh Ajak Warga Pantau Warga Baru

IMPIANNEWS.COM .

Payakumbuh, --- Dalam sebuah jumpa pers dengan Awak Media Balai Wartawan Luak Limopuluah dan anggota gugus tugas pengendalian dan pencegahan Corona, Walikota Payakumbuh Riza Falepi menghimbau warga agar selektif terhadap warga baru. Baik tamu maupun warga pribumi yang baru pulang dari rantau dan lokasi tersebut tergolong daerah suspect corona. 

Setidaknya ada 3 pesan penting yang disampaikan Walikota Payakumbuh Riza Falepi pada Jumat, (20/03/2020) di Posko pengendalian dan pencegahan corona. Di lokasi ini tampak personil gugus tugas membagikan himbauan melalui stiker, pemberian masker dan hand sanitizer gratis kepada pengguna jalan.

Tampak hadir Wakil Walikota Payakumbuh Erwin Yunaz, Sekdako Rida Ananda selaku koordinator gugus tugas, Kapolres AKBP Dony Setiawan SIK MH, Dandim 0306/50 Kota Ferry S Lahe, Kajari, Kepala Kankemenag dan pimpinan OPD terkait. 

"Corona adalah musibah internasional, dan karena ini darurat jadi urusan serius kita semua. Untuk itu, Pertama, waspadai pendatang. Kita semua mesti berkonstribusi dalam pencegahan. Semua kita mesti berperan menjadi ujung tombak. Who Man Parking, kita harus tau. Kecurigaan mesti kita ditingkatkan. Kedua, Patuhi imbauan MUI terkait durasi aktifitas ibadah di mesjid. Ketiga, tetap tenang di tengah kewaspadaan. Kalau ada yang mesti ditangani gugus depan, silahkan laporkan,"sebut Riza Falepi. 

Dikatakan Riza, guna pencegahan dan penanggulangan corona, Pemko Payakumbuh sudah anggarkan dana, meski anggaran tersebut masih tergolong minim namun Pemko berupaya bersinergi dengan forkopimda.

"Semua perlengkapan sudah kita lengkapi meski anggaran kurang. Kita juga siapkan peralatan tanggap darurat di lembaga kesehatan, seperti di Puskesmas,"ulasnya. 

Sementara itu Kapolres AKBP Dony Setiawan mengatakan dalam urusan pelayanan kepada masyarakat, Polres juga telah mempersiapkan peralatan untuk mencegah penularan Covid-19.

"Di kantor polres, kita sudah menyiapkan hand sanitizer dan thermo scanner juga, kita tidak ingin kecolongan oleh penularan corona ini. Berdasarkan arahan Kapolri, kita mencoba membuat hand sanitizer sederhana dan insyaallah bisa dimanfaatkan," kata Kapolres.

Merebaknya isu Hoax terkait corona, Dandim 0306/50 Kota, Ferry S Lahe menghimbau warga agar bijak menggunakan medsos. 

"Satu orang penyebar berita hoax terkait corona sudah ditangkap di Suliki. Sekarang diamankan di Polres Lima Puluh Kota. Untuk diketahui, Kodim 0306/50 Kota bertanggungjawab di 2 daerah ini,"ajak Dandim. 

Masih di lokasi yang sama, Dirut RSUD Adnaan WD, dr. Efrizanaldi saat ditanyai terkait jumlah warga berstatus Orang Dalam Pantauan (ODP) menggambarkan bahwa status ODP itu wewenang Dinkes. Namun berdasarkan tayangan di infocus di Balaikota tercatat ada 8 orang. 

"Status ODP itu bisa saja ada, namun jika terjadi peningkatan status itu tugas kita di RSUD Adnaan WD sebagaimana diatur di gugus tugas. Status 3 tingkatan ODP, PDP dan Suspect,"singkatnya. 

Hingga berita ini diterbitkan, Camat Payakumbuh Timur Irwan Suwandi dalam WAG TRC Payakumbuh menuliskan bahwa ada warganya yang baru pulang dari luar negeri dan kini terpantau sebagai ODP.(014)

Post a Comment

0 Comments