M. Fikar Datuk Rajo Magek Buka Rahasia Cara Membangun Nagari Berkarakter dan Berkemajuan

Ketua BMPN Pauh IX  M. Fikar Dt. Rajo Magek
IMPIANNEWS.COM (Padang).

Masyarakat Pauh IX  dihimbau untuk membangun nagari  berkarakter dan berkemajuan. Ini merupakan visi BMPN Pauh IX yakni " Mewujudkan Nagari Pauh IX yang Berkarakter dan Berkemajuan"

Hal itu disampaikan saat Sambutan Ketua Terpilih sebagai Ketua BMPN Pauh IX, Karena untuk mewujudkan nagari Pauh IX tidak mudah Perlu keseriusan bersama-sama.

"Saciok Bak Ayam Sadanciang Bak Basi",  setidaknya memiliki beberapa hal yang dapat membentuk nagari yang berkarakter dan  berkemajuan.

Ketua BMPN Pauh IX  M. Fikar Dt. Rajo Magek menceritakan bahwa ada enam poin yang bila keenamnya dapat dimiliki maka sudah tentu nagari yang berkarakter berkemajuan akan tercapai. 

“Hal yang membentuk nagari karakter dan  berkemajuan adalah nilai, uswah, kemandirian, solidaritas sosial, etos kerja dan habitus,” kata  M. Fikar Dt. Rajo Magek. 

Hal itu disampaikan disaat Penutupan Ulak Balabek, Sabtu, 29 Februari 2020,  bahwa yang pertama adalah nilai, yaitu seperangkat aturan yang harus dapat dijunjung tinggi, dilaksanakan dan dipatuhi. 

“nilai menjadi dasar pemikiran,” karena baru saja Nagari Pauh IX telah membuat 9 poin Kesepakatan bersama  tuturnya.

Kedua adalah menjadi uswah atau contoh, yang diinginkan oleh M. Fikar adalah karakter-karakter luhur yang ditunjukkan kepada masyarakat. 

Ia mengajak masyarakat untuk menjadi contoh terutama dalam keagamaan, ABS - SBK, dan juga Kemandirian perlu menjadi perhatian kita untuk menuju kesuksesan.

Selain itu, solidaritas sosial serta etos kerja merupakan bekal membentuk karakter berkemajuan.

 “Mulai dari tingkat RT, RW, Tapian-tapian sampai Nagari Pauh IX Kec. Kuranji semuanya membangun solidaritas sosial dan memiliki etos kerja yang baik,” kata M. Fikar Tamatan Magister UPI dan UMSB melanjutkan.

Hal terakhir adalah habitus atau kebiasaan,   peran-peran media ini menjadi penting seiring dengan kemajuan zaman dan perubahan kebiasaan yang terjadi.(***)

#tafch


Post a Comment

0 Comments