Erdogan Mendesak Putin Untuk Mengakhiri Krisis Kemanusiaan di Suriah

Pertama Kali Dalam Sejarah, Erdogan Mendesak Putin Untuk Mengakhiri Krisis Kemanusiaan di Suriah

IMPIANNEWS.COM (Suriah).

Presiden Turki mendesak Presiden Rusia Vladimir Putin dalam panggilan telepon Jumat untuk "menahan" pemerintah Suriah dan menghentikan krisis kemanusiaan yang berlangsung di Suriah barat laut ketika Damaskus melakukan serangan militer terhadap kubu pemberontak terakhir di negara itu.

Recep Tayyip Erdogan juga menyerukan implementasi penuh dari perjanjian gencatan senjata Turki-Rusia 2018 untuk provinsi Idlib, yang runtuh setelah pemerintah Suriah yang didukung Rusia, sebuah pernyataan dari kantor Erdogan mengatakan.
Kedua pemimpin menyatakan komitmen mereka untuk "semua perjanjian," kata kantor Erdogan, tetapi tidak menjelaskan lebih lanjut.

Putin menyatakan "keprihatinan serius dengan tindakan agresif berkelanjutan oleh kelompok-kelompok ekstremis (di Idlib)," kata Kremlin dalam sebuah pernyataan. 

"Perlunya rasa hormat tanpa syarat untuk kedaulatan dan integritas wilayah Suriah digarisbawahi."

Diskusi antara kedua pemimpin itu terjadi di tengah ketegangan yang memuncak ketika pemerintah Suriah mendorong maju dengan serangan yang telah menggusur ratusan ribu orang. 

Serangan itu telah menguji hubungan antara Turki dan Rusia, yang telah bekerja sama dengan erat di Idlib, meskipun mendukung pihak-pihak yang berseberangan dalam perang saudara sembilan tahun Suriah.

Erdogan minggu ini memperingatkan operasi "segera" terhadap Suriah untuk memaksanya menarik pasukannya kembali ke belakang posisi Turki pada akhir Februari. Dia mengatakan Jumat sebelumnya bahwa panggilan telepon dengan Putin akan menentukan posisi Turki di Idlib.

Dua tentara Turki tewas dalam serangan udara di Idlib pada hari Kamis setelah serangan oleh pasukan oposisi yang didukung Ankara yang menargetkan pasukan pemerintah Suriah. 

Kematian itu terjadi setelah Erdogan mengancam untuk memperluas keterlibatan bangsanya di Suriah jika salah satu pasukannya terluka.

Sebelumnya, Erdogan juga mengadakan seruan bersama dengan Presiden Prancis Emmanuel Macron dan Kanselir Jerman Angela Merkel di mana ia mengatakan bahwa "rezim Suriah dan agresi para pendukungnya di Idlib harus dihentikan." Dia juga menekankan perlunya "dukungan kuat dan tindakan konkret" untuk menghentikan krisis kemanusiaan yang sedang berlangsung, kata kantornya.

Ini mengikuti panggilan serupa oleh Merkel dan Macron ke Putin pada hari Kamis, di mana mereka mengusulkan pembicaraan mendesak dengan Erdogan untuk meredakan ketegangan. 

Erdogan mengatakan kepada wartawan bahwa para pemimpin Eropa telah mengusulkan pertemuan empat arah di Istanbul pada 5 Maret, tetapi Putin tidak menanggapi tawaran itu.

Ketika Erdogan terus maju dengan upaya diplomatik di Idlib, Menteri Pertahanan Turki Hulusi Akar, disertai oleh komandan militer, melakukan perjalanan ke perbatasan Turki-Suriah untuk memeriksa pasukan Turki. 

Dia berbicara dengan pasukan yang dikerahkan di Idlib mengatakan kepada mereka bahwa dia percaya mereka akan "berhasil" dalam tugas mereka di Suriah.

Juga pada hari Jumat, pesawat-pesawat tempur Rusia menyerang daerah-daerah yang dikuasai pemberontak di wilayah itu ketika gerilyawan dan pasukan pemerintah bertukar tembakan artileri dan mortir di bagian lain provinsi Idlib, markas pemberontak terakhir di negara itu, kata aktivis oposisi.

Serangan pemerintah yang didukung Rusia terhadap Idlib dan beberapa bagian provinsi Aleppo telah menyebabkan perpindahan lebih dari 900.000 orang, setengah dari mereka adalah anak-anak, sejak 1 Desember, menurut U.N.
Pada hari Jumat, Oleg Zhuravlyov, kepala Pusat Rekonsiliasi militer Rusia di Suriah, membantah bahwa "ratusan ribu penduduk yang damai di provinsi (Idlib)" dipaksa ke perbatasan dengan Turki.

"Tidak ada foto atau video materi yang dapat diverifikasi atau bukti lain yang akan mengkonfirmasi pernyataan tentang sekitar satu juta pengungsi dari zona eskalasi Idlib bergerak menuju perbatasan Suriah-Turki," katanya.

Pusat itu mendesak Turki untuk "mengambil semua langkah yang diperlukan untuk memastikan perjalanan sukarela dan aman bagi penduduk bagian timur dan selatan Idlib ke daerah-daerah yang dikendalikan oleh pemerintah Suriah."

Para pejabat Rusia mengatakan mereka menganggap Turki bertanggung jawab atas runtuhnya perjanjian gencatan senjata di Idlib, dengan mengatakan bahwa Ankara tidak mengekang militan yang terus menyerang sasaran-sasaran Suriah dan Rusia.

Ketegangan di wilayah itu meningkat dalam beberapa pekan terakhir ketika Turki mengirim ribuan tentara ke Suriah untuk unjuk kekuatan.

Setidaknya 15 tentara Turki telah tewas di Suriah pada Februari di tengah serangan oleh pasukan Presiden Suriah Bashar Assad yang bertujuan merebut kembali daerah-daerah yang dikuasai oposisi di kawasan itu.

Observatorium Suriah untuk Hak Asasi Manusia yang berpusat di Inggris melaporkan serangan udara Rusia di dekat benteng pemberontak Atareb, Ariha dan Qmenas. Ia menambahkan bahwa di tepi selatan Idlib, pasukan Turki dan pemberontak bertukar penembakan dengan pasukan pemerintah Suriah.

Akram al-Ahmad, seorang aktivis oposisi Suriah yang bermarkas di Turki yang mengepalai kelompok pemantau yang disebut Pusat Pers Suriah, mengatakan pemboman Rusia menghantam kota Sarmin dan Atareb yang dikuasai pemberontak.

R24/DEV

.#tafch

Post a Comment

0 Comments