Haul Syaikh Muhammad Jamil Jaho (1875-1945 M)

Oleh : Apria Putra
IMPIANNEWS.COM
BASO,  --- Jaho adalah "pusek jaho pumpunan ikan", sentra ilmu agama Islam sejak lebih dari seabad yang lalu. Terutama bila disebut ilmu Nahwu, maka Jaho adalah tempatnya. 

Di sana didaras Ajurumiyyah, Mukhtashar, Syarah Syaikh Khalid Azhari, Syarah Qatrun Nada, Alfiyah Ibni Malik, Syarah Ibni 'Aqil, Hasyiyah Shabban 'alal Asymuni, dan sebagai-sebagainya. Alfiyah dihafal dan difahamkan, mudzakarah ditradisikan, dan silek dipetaruhkan. 

Di sinilah ulama-ulama besar ditempa, dididik, dan dikamilkan. Sehingga lahirlah ulama-ulama jitu Minangkabau, lengkap lahir batin, diantaranya: al-'Allamah al-Mantiqi Syaikh Zakaria Labai Sati Malalo, Syaikh Muhammad Kanis Tuanku Tuah, Syaikh Umar Bakri, Syaikh Muhamad Dalil Dt. Manijun, Syaikh Mansur Dt. Nagari Basa (Presidium IAIN Imam Bonjol Padang), dan al-'Alimah Syaikhah al-Hajjah Ummi Rabi'ah Jamili. 

Bahkan ulama besar yang begitu berpengaruh di Aceh, Maulana Syaikh Mudo Wali al-Khalidi Labuhan Haji. Ini "hasil tangan" ulama besar, Syaikh Muhammad Jamil Jaho atau masyhur dengan sebutan "Angku Jaho".

Maulid dan Haul yang dilaksanakan di Jaho, Kamis malam lalu, menjadi momen penuh kebahagian, sebab dapat datang ke Jaho, berziarah, dan dapat pula berdiskusi soal-soal agama dan riwayat-riwayat masa lalu penggugah semangat, bersama Buya Asmuji Ra'is Jamili (cucu Syaikh Jaho) dan Buya Ridhwan Jamili "Angku Surau". 

Sehalaqah dengan Buya Angku Surau, kita berbincang tentang Aceh dan semangat ilmu agama di Serambi Mekah tersebut, sebab beliau lama menuntut ilmu di Aceh, dan sempat pula berkhitmat dengan ulama-ulama besar Aceh, seperti Abu Lamno. Alhamdulillah....

Tiga madrasah (baca: Pesantren) yang patut disebut, sebagai peletak dasar, yang menjaga tradisi keilmuan Islam Minangkabau dan sanadnya; yang masyhur terbilang dan harum karena ulama besar dan kealimannya, yaitu : 
(1) Madrasah Tarbiyah Islamiyah Canduang dengan ulamanya Maulana Syaikh Sulaiman Arrasuli al-Khalidi al-Naqsyabandi Canduang - masyhur dengan ilmu fiqih, 
(2) Madrasah Tarbiyah Islamiyah Jaho dengan ulamanya Maulana Syaikh Muhammad Jamil Jaho al-Khalidi al-Naqsyabandi - masyhur dengan ilmu alatnya, dan 
(3) Madrasah Tarbiyah Islamiyah Tobekgodang dengan ulamanya Syaikh Abdul Wahid al-Shalihi al-Khalidi al-Naqsyabandi - masyhur dengan ushul, mantiq, dan tasawufnya. 

Madrasah-madrasah ini sudah menorehkan tinta emas dalam perkembangan ilmu agama di Minangkabau, darinya ratusan ulama telah dididik dan tersebar di tanah Andalas ini.(rel/014)

Post a Comment

0 Comments