Ribuan Santri Padati Halaman Kantor Bupati Pessel

IMPIANNEWS.COM (Pesisir Selatan)

Puncak peringatan Hari Santri Nasional Tingkat Kabupaten Pesisir Selatan tahun 2019 digelar dalam bentuk upacara bendera yang dipusatkan di halaman kantor Bupati Pesisir Selatan, Selasa (22/10). 

Bertindak sebagai pembina upacara peringatan Hari Santri Nasional Kapolres Pesisir Selatan, AKBP Cepi Noval S.I.K dan diikuti oleh seluruh peserta upacara, terdiri dari seluruh pejabat di lingkungan Kantor Kementerian Agama kabupaten Pesisir Selatan, para Kepala OPD, Forkopimda Pesisir Selatan, organisasi Islam, para ulama, utusan BUMD, serta seluruh santri se Pesisir Selatan.

Peringatan Hari Santri Nasional (HSN) pada tanggal 22 Oktober memiliki arti dan makna yang penting bagi kalangan santri sendiri dan segenap elemen bangsa. Dalam sejarah, peran santri dalam memperjuangkan kemerdekaan Indonesia sudah tidak diragukan lagi. Mereka ikut merebut Indonesia, membangun Indonesia dan mempertahankan NKRI.

"Presiden Joko Widodo melalui Keputusan Presiden Nomor 22 Tahun 2015 telah menetapkan tanggal 22 Oktober sebagai
Hari Santri. Penetapan tanggal 22 Oktober merujuk pada tercetusnya "ResolusiJihad" yang berisi fatwa kewajiban berjihad demi mempertahankan kemerdekaan Indonesia.
Resolusi jihad ini kemudian melahirkan peristiwa heroik tanggal 10 Nopember 1945 yang kita diperingatisebagai Hari Pahlawan", ujar Kapolres Pesisir Selatan ketika membacakan sambutan Menteri Agama RI.

"Di sisi lain, keberadaan pesantren di bumi nusantara telah mampu berkompetisi dalam menghadapi tantangan era globalisasi modern. Kemampuan itu dapat terlihat dengan adanya pesantren-pesantren berbasis multi program yang dikemas perpaduan antara ilmu-ilmu agama, sains dan teknologi.
Selamat Hari Santri 2019, Santri Indonesia untuk Perdamaian Dunia", tutup Kapolres.

Ketua pelaksana kegiatan Hari Santri Nasional tingkat kabupaten Pesisir Selatan, Idris yang merupakan Kasi PD Pontren Kantor Kemenag Pessel mengatakan, "Ribuan santri tumpah ruah memadati halaman kantor Bupati Pesisir Selatan untuk mengikuti prosesi hajatan santri tersebut", ujarnya.

Ditemui usai acara, Plt Kepala Kantor Kementerian Agama kabupaten Pesisir Selatan, Marjanis mengungkapkan kebahagiaanya atas suksesnya peringatan hari santri nasional tahun 2019 ini. "Saya bersyukur peringatan hari santri ini sukses, santri yang hadir sangat banyak dan ini mendapatkan apresiasi dari berbagai kalangan", ujarnya

Marjanis mengatakan bahwa pemerintah sudah sepatutnya memberikan apresiasi bagi perjuangan kaum santri yang secara nyata memberikan andil besar bagi terbentuk dan terjaganya Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI)

"Sebelum Indonesia ini merdeka dan pasca kemerdekaan, peran pesantren telah banyak memberi kontribusi positif bagi berdirinya sebuah negara bangsa. Selain itu, pesantren juga telah melahirkan ulama-ulama handal dari generasi ke generasi, tambah Marjanis.

Acara dilanjutkan dengan pawai taaruf di sepanjang jalan kota Painan, kemudian dilanjutkan dengan dzikir bersama di masjid Akbar Baiturrahman Painan dipimpin oleh ustadz Wawan Gunawan.(zn)