Erwin Yunaz Minta Warga Sapaku, Matangkan Persiapan

Usai goro mingguan, Wawako Erwin Yunaz dan istri makan bersama warga Kelurahan Sapaku
IMPIANNEWS.COM
Payakumbuh, --- Hampir satu bulan sudah Warga Kelurahan Sawah Padang Aur Kuning (Sapaku)  kecamatan Payakumbuh Selatan melaksanakan gotong royong setiap Minggu sebagai wujud persiapan reboisasi dan penanaman pelindung produktif bagi masyarakat. Goro mingguan tersebut dikomandoi langsung Camat Payakumbuh Selatan, Juneidi dibantu Lurah Sapaku Novri bersama warga kelurahan yang belum beberapa tahun digabungkan. 

Walau demikian, tiadalah tampak pembeda yang akan merusak kebersamaan warga karena kelurahan tersebut adalah kawasan kenagarian Aur Kuning yang selama ini sudah kompak dalam kekerabatan adat. 

Bukan hanya itu, goro tersebut juga tampak dihadiri Wakil Walikota Payakumbuh Erwin Yunaz yang kala itu hadir bersama istrinya, Magdalena dan ikut berbaur dengan warga setempat.

Adapun bentuk giat yang dilaksanakan setiap minggu, sebagaimana diterangkan Camat Juneidi saat dihubungi impiannews.com di lokasi goro, Minggu (20/10/2019) siang usai makan bersama.

"Insyaallah besok, Walikota Payakumbuh melalui Kepala Dinas Ketahanan Pangan akan menyerahkan bibit tanaman untuk warga kita. Bibit tanaman tersebut selanjutnya akan diserahkan secara resmi di kantor lurah. Adapun jenis bibit tanaman adalah bibit pepaya madu, jambu madu, sirsak madu dan jambu biji madu. Sesuai rembug dengan warga, bibit tersebut akan ditanam di pekarangan warga dan sebagian kita tanam sebagai pelindung dan reboisasi," terang Juneidi diamini Lurah Sapaku Novri.

Dikatakan Juneidi, bahwa pihaknya mengucapkan terima kasih atas dukungan dan motivasi dari Wakil Walikota bersama Ibu yang selalu hadir dalam goro, bersama warga. 

"Goro mingguan warga Sapaku selalu dihadiri Pak Wawako bersama Ibu. Memberikan wejangan kepada warga akan pentingnya melestarikan semangat kebersamaan. Wawako langsung berbaur bersama warga dalam goro mingguan untuk membuat lobang guna penanaman bibit pohon sebagai reboisasi di pematang Batang Sukali. Untuk mendukung budidaya ikan larangan di Batang Sukali. Wawako tampak memotovasi warga untuk mengeluarkan Sedimen pasir yang mengendap di Batang Sukali. Bibit ikan sumbangan donatur sudah dilepas pengurus KPS yang sudah terbentuk, "imbuhnya.

Sementara, Wakil Walikota Erwin Yunaz saat meninjau goro persiapan penanaman bibit pohon pelindung produktif dan reboisasi mengharapkan warga intenskan persiapan. 

"Intens yang kami maksudkan adalah adanya semangat kebersamaan warga dalam rangka menyiapkan segala sesuatu sebelum giat digelar. Itu sudah dilaksanakan warga kelurahan Sapaku. Namun yang tak kalah penting adalah managemen perawatan, tentunya juga dengan kebersamaan. Sehingga hasil atau produksi mendatang sesuai dengan harapan bersama. Hindari hal kecil yang dapat membuat keretakan, terkhusus dalam budidaya ikan larangan. Ikan larangan yang dikelola KPS ini merupakan yang kedua di Payakumbuh Selatan, yabg dikelola langsung kelompok warga. Mari kita jaga dan manfaatkan lingkungan kita sehingga bisa mendatangkan income bagi keluarga dan masyarakat. Kami apresiasi kekompakan warga, hal ini harus kita jaga dan tingkatnya,"apresiasi Erwin Yunaz.

Sebelumnya, Kepala Dinas Ketahanan Pangan Edvidel Arda sat dihubungi juga membenarkan bahwa pada Senin - Selasa Dinas Ketapang akan mendistribusikan bibit tanaman pekarangan kepada warga Sapaku. Kelurahan Sapaku sudah harumkan nama Payakumbuh di tingkat provinsi tahun 2018 lalu. 

"Disamping ini sudah menjadi program kerja kita di Dinas Ketapang, Boleh juga bahasa media "reward" kita pakaikan dalam giat besok,"terang singkat Edvidel Arda, Sabtu (19/10/2019).(ul)