Baznas Sibolga Belajar ke Baznas Padang

IMPIANNEWS.COM (Padang). 

Pengurus Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kota Sibolga Provinsi Sumatra Utara, belajar ke Baznas Padang. 

Sebanyak lima pengurus  Baznas Kota Sibolga Rabu, 30 Oktober 2019 M datang ke Kantor Baznas Padang di Jalan Baypass KM 12 Simpang Sungai Sapih Kec. Kuranji.

Rombongan Baznas Sibolga dipimpin Wakil Ketua Baznas Kota Sibolga, Daulay. "Kami datang dari Sibolga untuk berlajar terkait pengelolaan zakat di Kota Padang," timpal Daulay sambil memperkenalkan satu persatu anggotanya.

Menjawab pertanyaan wartawan, Daulay menyebutkan, salut pada pengurus Amil Zakat Baznas Padang.

"Banyak hal yang positif kami dapat. Musaknya,  kiat membangun komunikasi yang baik dengan Pemko Padang,  Muzakki (pembayar zakat) perseorangngan hingga melayani Mustahik (penerima zakat)," timpal Daulay usai pertemuan dengan pengurus Baznas Padang.

Ia menjelaskan, Baznas Sibolga sekarang baru berhasil menghimpun zakat sebesar Rp.1 Milar.

Sedangkan Baznas Padang, kata Daulay, sudah mampu merealisasikan penghimpunan zakat Rp.25 Miliar.

"Dalam pelaporan keuangan Baznas, Baznas Padang juga sudah mendapat penilai wajar dari Akuntan Publik," kata Daulay.

Daulay yang juga mantan PNS Kementerian Agama itu, merasa bangga dengan kemampuan Baznas Padang merubah status Mustahik menjadi Muzakki.

Baznas Padng memiliki binaan usaha produktif. Seperti pengelolaan jamur tiram, ternak bebek, puyuh petelur dan kolam ikan lele.

"Yang membuat kami bersemangat  mendengar para Mustahik dibina Baznas Padang hingga produk mereka siap jual ke pasaran. Seperti rendang lele, rendang jamur tiram dan beragam kerupuk siap saji," ulas Daulay.

Sementara itu, untuk menghormati tamu, hadir Wakil Ketua III Baznas Padang, Elni Sumiarti dan Wakil Ketua IV Ust Suril Firdaus.

Kedua pimpinan Baznas Padang ini didampingi, Kabid Pengumpulan Sintaro Abe Batubara, Kabid Pendistribusiaan Otrizal, Kabid Pendayagunaan Industriyadi, Kabid Keuangan Heriyanto, Kabid SDM Firmansyah dan Kabid Umum Afriadi.

Baik Elni Sumiarti maupun Ust Siril Firdauuls mengucapkan selamat datang kepada tamu dari Baznas Sibolga.

"Terimakasih atas kehadiran bapak dan ibu pengurus Baznas Sibolga di Kantor Baznas Padang," ujar Ust Siril dan Elni.

Kemudin Eni Sumiarti secara runut memaparkan program kerja Baznas Padang dari tahun ke tahun.

Keberhasilan yang dicapai Baznas Padang dalam pengelolaan harta zakat, infaq dan sedekah tidak terlepas besarnya dukungan dari Walikota Padang, H.Mahyeldi Ansyarullah.

"Tentu kerjasama dan kerja keras semua pimpinan serta  semua karyawan Baznas Padang," kata Ust Siril.* Awkar

Post a Comment

0 Comments