Warga Talawi dan Payonibuang Menyatu di Pandam Pekuburan

IMPIANNEWS.COM
Payakumbuh, --- Jelang memasuki bulan suci Ramadhan sudah menjadi tradisi masyarakat muslim menggelar ziarah kubur. 

Kondisi ini tampak penuh kekeluargaan di pandam pekuburan perkampungan Talawi dan Payonibuang, Ahad (28/04/2019) pagi. Setidaknya ada seratusan kuburan yang ada di pandam pekuburan yang berlokasi di RT III / RW I, tampak bersih dari rerumputan dan sampah usai di gotong royongkan secara rutin tahunan. Berdoa sambil berziarah.

Selain peziarah yang berasal dari pihak keluarga, ziarah kubur tahunan jelang Ramadhan ini tampak dihadiri Lurah Taratak Padang Kampuang (TPK), Afrizal bersama Lurah Ompang Tanah Sirah (OTS), Erizal didampingi tokoh masyarakat dari 2 kampung ini.

"Goro pandam perkuburan ini adalah rutinitas tahunan yang digelar masyarakat, khususnya gabungan warga Talawi (OTS) dengan Payonibuang (TPK). Silaturahim terjalin erat sambil ziarah kubur, apalagi saat memasuki bulan baik, yakni bulan Ramadhan. Perantau pun tampak ikut pulang, berziarah,"terang Lurah Afrizal didampingi tokoh adat Payonibuang,SY. Dt. Kakondo.

Dikatakannya, dirinya (lurah Afrizal) juga akan menyampaikan ucapan maaf, karena awal mei ini, dirinya memasuki masa purna bhakti.

"Khususnya kepada warga Kelurahan Taratak Padang Kampuang, saya sampaikan ungkapan maaf sedalamnya, terutama jelang memasuki bulan Ramadhan. Sejak tahun 2013 saya diamanahkan sebagai Lurah disini hingga kini, tentu banyak khilaf. Untuk itu saya minta maaf,"pungkas Afrizal.

Ungkapan senada juga disampaikan Lurah OTS, Erizal.

"Di pandam kita bersama berziarah kubur, di pandam kita bersilaturahim, di pandam kita saling bertimbang maaf. Pandam kuburan kita bersih, kita suci dalam menghadapi bulan Ramadhan, karena telah saling bertimbang maaf. Kami rasa hari ini dijadikan momen serentak ziarah pandam pekuburan di Kota Payakumbuh. Mari kita tingkatkan selalu semangat kebersamaan kita demi terwujudnya kekuatan umat dalam tali ukhuwah islamiyah,"ucap Erizal.

"Dalam Ramadhan, kami juga menghimbau diri kami dan warga, mari kita jalankan ibadah puasa dengan iman. Mari kita ramaikan mesjid dan mushalla untuk qiyamul lail. Kita jaga kantibmas,"imbau Lurah Erizal.

Goro pandam pekuburan ini berakhir sekitar pukul 10.00 ini ditutup dengan makan bersama.(ul)