Pemilu RUN 2019 Payakumbuh, Ketua KPU Ajak Warga Tidak Golput

IMPIANNEWS.COM (Payakumbuh). 

Serentak se Indonesia, Komisi Pemilihan Umum menggelar Pemilu Run untuk menghimbau warga negara Indonesia tidak golput di pemilu 2019. Satu suara adalah penentu arah pembangunan bangsa. Gelaran ini memberikan pemahaman kepada masyarakat bahwa pentingnya untuk memakai hak suara pada pemilu 17 April 2019 mendatang.

Untuk menekan angka golput di Kota Payakumbuh, KPU setempat juga menggelar kegiatan serupa dipusatkan di lapangan Medan nan Bapaneh Objek Wisata Ngalau Indah, Kota Payakumbuh, Minggu (7/4/2019). Pemilu Run 2019, dibuka langsung Wakil Walikota Payakumbuh Erwin Yunaz bersama Ketua KPU, Haidi Mursal ini melibatkan Forkopimda, pimpinan OPD, instansi vertikal, perbankan dan warga Kota Payakumbuh.

Lari marathon diikuti ribuan warga Payakumbuh dimulai pukul 07.30 WIB  bergerak memutari jalan utama Soekarno-Hatta dengan membawa kaos dan spanduk menolak golput sejauh 4 Km.

Konsentrasi Pemilu Run, Ketua KPU Kota Payakumbuh Haidi Mursal memberikan sosialisasi dan pemahaman pentingnya pemilu untuk NKRI ini. Setiap hak suara, memiliki arti dan makna penting dalam arah kemajuan bangsa ini.

“Nanti pada 17 April 2019 nanti, ada 5 surat suara yang akan diberikan kepada pemilih. Pastikan memilih calon yang tepat. Jangan asal pilih dan jangan merusak surat suara. Apalagi tidak datang ke TPS,” kata Ketua KPU Kota Payakumbuh, Haidi Mursal.

Untuk menekan angka golput, KPU Kota Payakumbuh memotivasi warga menggelar lomba selfie di TPS dengan aneka ragam hadiah menarik. Bagi masyarakat ingin mengikuti lomba ini, bisa langsung tag ke Instagram dan Facebook KPU Kota Payakumbuh. Ada 10 hadiah menarik yang menanti peserta lomba.

“Kita akan gelar lomba selfie di TPS. Kami (KPU) telah siapkan hadiah menarik. Hadiah utama sepeda sport. Semoga kegiatan kita ini bisa menekan angka golput. Mari kita proaktif dalam memberokan hak suara kita,” ucapnya.

Sementara Wakil Walikota Payakummbuh, Erwin Yunaz mengajak masyarakat Payakumbuh yang sudah memiliki hak untuk memberikan suaranya pada Pemilu 2019 ini agar datang ke TPS tanggal 17 April 2019 mendatang. 

“Sudah berapa energi, tenaga dan uang yang dihabiskan oleh negara ini hanya untuk menyediakan hak warga negara dalam pemilu. Dengan tidak golput, berarti mencintai negara Indonesia ini,” kata Erwin Yunaz.

Erwin juga meminta masyarakat agar tidak termakan ajakan Golput dengan berbagai alasan. Termasuk isu-isu hoax yang kian gencar dan membuat bingung. Hal ini bisa melemahkan semangat untuk berdemokrasi.

"Orang cerdas paham demokrasi, tidak akan termakan hoax. Karena itu mari kita sama-sama sukseskan pemilu 2019 nanti dengan menggunakan hak suara yang sudah diberikan oleh negara di TPS masing-masing,” ajak Erwin Yunaz, menyudahi sambutannya.

Pemilu run 2019 di Payakumbuh, KPU selaku leading sector kegiatan sudah menyiapkan undian dan doorprize. Selain itu panitia juga telah menyiapkan hiburan musik yang dimainkan seniman Payakumbuh.

Pencabutan undian yang pertama, dilakukan langsung oleh Wakil Walikota Payakumbuh dilanjutkan Ketua KPU dan Forkopimda serta undangan.(ul) serta undangan.(ul)