Khitanan Massal LSM Meja Putih Saiyo Wako: Mari Bangkitkan Tradisi Lokal

IMPIANNEWS.COM (Padang). 

Walikota Padang H. Mahyeldi, SP mengapresiasi pelaksanaan khitanan massal yang dilaksanakan LSM Meja Putih Saiyo di Kantor KAN Pauh Limo Kecamatan Pauh, Minggu (17/12/2017). Apalagi, acara ini telah dilaksanakan untuk yang ke-10 kalinya.

“Mari kita bangkitkan lagi tradisi lokal ini. Masyarakat Pauh punya cara khas dalam pelaksanaan khitan,” ujar Mahyeldi usai mengunjungi khitanan massal tersebut. 

Dijelaskannya, dikemasnya pelaksanaan khitanan massal sesuai dengan tradisi yang sudah ada dulunya, tentunya akan menjadi potensi pariwisata adat dan budaya. “Ini suatu cara dalam mambangkik batang tarandam. Kita berharap daerah lain pun mengangkat potensi daerahnya masing-masing,” ungkap Mahyeldi. 
  
Walikota Padang mengucapkan terimakasih kepada LSM Meja Putih Saiyo yang telah ikut serta dalam mensukseskan program-program Pemkot Padang. Kegiatan ini sangat membantu dan meringankan beban masyarakat.

Sementara itu, Ketua Panitia Khitanan Massal LSM Meja Putih Saiyo, Ramlan Sani, mengatakan, sekitar 800 anak telah dikhitan sejak kegiatan ini dilaksanakan selama sepuluh kali. 

“Acara ini merupakan tradisi sosial dan iven budaya yang dilaksanakan setiap tahun. Kali ini diikuti sekitar 150 anak,” terang Ramlan. (ll)