Dilepas Wakil Walikota, Kankemenag Kota Payakumbuh Gelar Pawai Ta'ruf

IMPIANNEWS.COM (Payakumbuh). 

Pawai ta'ruf adalah salah satu rangkaian kegiatan peringatan Hari Amal Bhakti (HAB) Kementerian Agam ke 72 di Kota Payakumbuh, sebelumnya berbagai lomba telah dilakanakan. Seperti kemaren telah dilaksanakan liga futsal segitiga Tingkat SD/MI yang dimenangkan MIS IPHI, setelah mengalahkan MIN Parambahan di final dengan skor 3:0.

Pelaksanaan pawai ta'ruf pagi ini dilepas secara langsung Wakil Walikota Payakumbuh, Erwin Yunaz didampingi Kepala kankemenag, Asra Faber bersama pejabat di jajaran insatansi agama ini. Pawai ini melibatkan sekitar 98 mobil yang terdiri dari Satker kemenag, Satker madrasah negeri dan swasta. Pondok pesantren, Raudhatul Athfal, KUA dan sekitar 1.126 peserta pawai menggunakan kenderaan roda 2 dan mobil pick up, yang sudah dihiasi berbagai pernak pernik yang bercorak keagamaan. Pawai ini dikawal ketat aparat polres dan dishub karena saking panjangnya barisan pawai.

Kepada Wakil Walikota, Kepala kankemenag, Asra Faber melaporkan, bahwa kegiatan pawai ini memang belum ada sebelumnya. Kegiatan ini disamping publikasi tusi kankemenag, juga sebagai publikasi "bebas pungli" diterapkan di kankemenag.

" Berbagai rangkaian kegiatan lomba keagamaan sudah kita gelar sejak tanggal 7 Desember  2017 dan akan terus berlanjut hingga puncaknya pada 3 Januari 2018. Terkadang terdengan gosip dari rekan kerja, bahwa pawai ini adalah reward untuk kami, yang akan pensiun tahun 2018 mendatang," lapor Asra Faber.

Melepas pawai ta'ruf, Wakil Walikota Erwin Yunaz sampaikan selamat HAB Kementerian Agama ke 72.

" Baru kemarin kita peringati HUT Kota Payakumbuh Ke 42 tahun 2017, kementerian agama bersama jajaran ikut berpartisipasi aktif dalam berbagai kegiatan termasuk publikasi oleh pengelola humas kementerian agama. Selama ini keberadaan kementerian agama dalam mendukung program pemko Payakumbuh, sangat berdampak, terkhusunya pada pembangunan karakter dan keagamaan. 

Pemko selalu berharap setiap instansi menciptakan sebuah inovasi yang dapat dikenang masyarakat dalam waktu yang lama, termasuk saat kita sudah pensiun. 

Untuk itu, kementrian agama harus selalu lahirkan gebrakan spesifik keagamaan dan pendidikan agama dan keagamaan. Selama ini juga sudah banyak sumbangsih dan prestasi jajaran kementerian agama yang membawa nama baik Payakumbuh di tingkat nasional, Terima kasih," ucap Erwin Yunaz sambil lepas pawai.

Pawai ta'ruf yang digabung dengan pawai alegoris ini menampilkan berbagai bentuk spanduk yang bertuliskan tupoksi dan SOP. Selain itu juga bentuk pelayanan dibidang agama dan keagamaan, layanan kepegawaian, pendidikan madrasah, ponpes, pelayanan kua, pelayanan haji serta pelayanan yang tegas bahwa kementerian terapkan bebas pungli.

Pawai ta'ruf ini dimulai dari lapangan hijau Sari Bulan selanjutnya akan melaju kelilingi Kota Payakumbuh hingga kembali lagi ke lapangan Sari Bulan.(ul).