Diskominfo Harap Awak Media Bantu Publikasikan Tupoksi 31 OPD Payakumbuh

IMPIANNEWS.COM (Payakumbuh). 

Dinas Komunikasi dan Imformasi Kota Payakumbuh gelar jumpa silaturahmi dengan awak media yang tergabung dalam Balai Wartawan Luak Limopuluah. Silaturahmi ini bertujuan untuk mengimformasikan tupoksi diskominfo Kota Payakumbuh dalam mengankat citra daerah sekaligus menjalankan amanat Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik.

Kepala Dinas Kominfo Kota Payakumbuh, Elvi Jaya mengharapkan awak media untuk tahun 2018 lebih proaktif mempublikasikan semua prestasi, inovasi yang terobosan yang sedang dan akan di laksanakan Pemko Payakumbuh dengan jajaran OPDnya. Marilah kita jalin silaturrahmi melalui media publikasi. Dengan peran awak media, semua warga akan mengenali Payakumbuh, baik dengan kulinernya, keramahan, periwisata, pelayanan publik dan sebagainya.

"Demi kesempurnaan pelaksanan tugas di Diskominfo, kami harapkan usulan dan masukan dari rekan media. Termasuk kritikan, untuk lebih baik kedepannya," Elvi Jaya sampaikan

Secara detail, Sekretaris Diskominfo, Deldi Anggoro bersama Kabid Humas, Hendri Waluyo, Rabu pagi (20/12) di salah satu ruang pertemuan Restoran Kawasan Kelurahan Koto Tangah Kecamatan Payakumbuh Barat, paparkan Renstra Diskominfo hingga tahun 2022 dalam rangka publikasi citra daerah melalui berbagai media.

"Status grafik publikasi program pemko payakumbuh hingga saat ini masih jauh tertinggal dengan Kota padang. kami berharap rekan pers, baik cetak maupun online bantu publikasi daerah di media. Saat ini masih sekitar 30 % OPD yang telah diberitakan di media. Kedepan untuk tahun 2018, kita berharap grafik ini naik menjadi 80 %, kalau bisa semua OPD terberitakan. Saat ini baru ada 3 OPD yang terintegrasi dengan Diskominfo. Semoga kedepan lebih meningkat," papar panjang Hendri Waluyo.

Selain publikasi citra daerah, diskominfo juga menyiapkan layanan aduan masyarakat terkait pelayanan OPD. 

Pemerintah Kota Payakumbuh terus berupaya menerima berbagai keluhan masyarakat terhadap berbagai layanan publik di Kota perlintasan Sumbar-Riau itu, melalui Dinas Komunikasi dan Informasi (Diskominfo) setempat, Pemko Payakumbuh berencana bakal meluncurkan program / aplikasi bernama lapor.go.id tahun 2018. Yakni sebuah program yang bisa menampung berbagai keluhan masyarakat terkait berbagai layanan publik di Kota yang kini dipimpin pasangan Walikota, Riza Falepi dan Wakil Walikota Erwin Yunaz (F-Win).

Dengan mulai berlakunya aplikasi/program lapor.go.id itu pada tahun 2018, diharapkan setiap OPD yang ada bisa terus meningkatkan pelayanan kepada masyarakat.

” Memang pada tahun 2018 nanti kita berencana akan menerapkan/memberlakukan laporan masyarakat/warga terhadap layanan publik di Payakumbuh secara online. Artinya, masyarakat bisa melaporkan keluhan mereka terhadap pelayanan dari OPD tanpa harus mendatangi kantor OPD tersebut. Mereka cukup melapor di Lapor.go.id, nantinya setelah laporan masuk akan diteruskan ke OPD yang dituju untuk mendapatkan balasan atau jawaban”. ucapnya.

Henri Waluyo juga menambahkan, untuk mendukung berbagai program tekhnologi informasi di Payakumbuh, Diskominfo juga telah membuat website sejumlah OPD yang ada, namun hal tersebut masih terkendala dengan pengisian website oleh OPD bersangkutan, seperti ketersedian SDM dan sarpras,” tebut mantan Kabid di Dinas Kesehatan Kota Payakumbuh itu.(ul)