Wawako, Erwin Yunaz : Dengan GALA DESA diharapkan akan lahir Atlit Tangguh Payakumbuh

IMPIANNEWS.COM (Payakumbuh).

Setelah berlangsung selama 1 bulan kurang (28 oktober - 23 November), kegiatan turnamen gala desa piala kemenpora RI tahun 2017 di kota Payakumbuh akhir nya selesai dilaksanakan. Penutupan kegiatan turnamen ini berlangsung di gedung serbaguna GOR M Yamin, Kubu Gadang pada Kamis (23/11) malam.

Pada saat kegiatan penutupan turnamen gala desa ini, masih terdapat pertandingan lomba yg berlangsung yg masih belum selesai, pertandingan yg berlangsung yakni dari cabor bulu tangkis. Dan pada kesempatan ini pula Wawako Erwin Yunaz dan Ketua DPRD Kota Payakumbuh ikut berpartisipasi langsung mencoba bermain bulutangkis sebelum kegiatan penutupan turnamen ini dilangsungkan.

Dalam turnamen gala desa piala kemenpora tahun 2017 ini, ada 6 cabor yg ikut di pertandingkan, yakni dari cabor Bulutangkis, tenis meja, Atletik, bola voli, sepak takraw, dan sepak bola. Pertandingan turnamen ini dilangsungkan di 5 kecamatan dan 6 kelurahan, yakni di kel. Sicincin Mudiak, kel. Koto Panjang Dalam, kel. Aur Kuning, kel. Tiakar, kel. Tigo Koto Diateh, kel. Pakan Sinayan, dan kel. Koto Kaciak Kubu Tapak Rajo.

Pada malam penutupan turnamen gala desa ini, ikut langsung dihadiri dari pihak kemenpora RI, yakni Kepala bidang pendidikan tinggi kemenpora RI Drs. Sri Utomo.

'Pada pertandingan turnamen gala desa piala kemenpora tahun 2017 ini, semua atlet yg ikut bertanding memperebutkan total hadiah Rp 21.450.000 yg di bagi ke dalam 6 cabor yg di pertandingkan", ungkap Kadis Disparpora Elfriza Zaharman.

Elfriza juga menambahkan harapan nya kepada kemenpora RI untuk dapat selalu memberikan kesempatan kepada kota Payakumbuh Untuk melaksanakan kegiatan turnamen gala desa ini setiap tahun nya, dan untuk tahun depan dan tahun-tahun selanjutnya hendak nya dapat ditambahkan cabor yg ikut dipertandingkan sehingga kita bisa melihat bakat para atlet yg selama ini tidak terekspose.

Wawako Erwin Yunaz dalam sambutannya menyampaikan, "Kami akan selalu berusaha untuk dapat menjadikan kota Payakumbuh menjadi gudang nya penghasil atlet-atlet terbaik yg dapat diperhitungkan di kancah nasional bahkan internasional sehingga kita dapat menjadikan olahraga di kota Payakumbuh menjadi industri olahraga yg terstruktur", ungkap Erwin.

Serta Erwin juga menambahkan, "Dengan dilaksanakan nya iven turnamen olahraga secara reguler ini, maka kita dapat mengatasi masalah sosial yg terjadi di kota Payakumbuh dan kita akan terus berusaha membuat harum nama kota Payakumbuh untuk dapat dikenal sebagai penghasil atlet terbaik", tambah Wawako.

Adapun pada malam penutupan turnamen ini, dilangsungkan pemberian hadiah kepada pemenang dari setiap cabor ;

Dari cabor bulutangkis dg kelompok usia 10 tahun putra yakni Dhafin (kel. Pakan Sinayan), Hamdi (kel. Bulanan Balai Kandi), Abriel (kel. Labuah Baru), Lufhti (kel. Padang Tinggi Piliang) dan dari putra kelompok umur 13 tahun yakni Alvin Azhar (kel. Tigo Koto Diate), M. Hazel (kel. Tiakar), Zidan (kel. Padang Tinggi Piliang), Raffi (kel. Koto Tangah). Dari kelompok usia 13 tahun putri yakni Dwi Rahmi (kel. Sicincin), Sari Nadira ( kel. Tigo Koto Diate), Indri (kel. Sicincin), Shakira (kel. Koto Kaciak Kubu Tapak Rajo). Dan untuk kategori umum putra yakni Visal/Ariq (kel. Sawah Padang Aur Kuning), Prahara T/ Richard Mai (kel. Tanjung Gadang Sungai Pinago), Indra/Yon Hendri (kel. Parit Rantang), Adnan/Abdi (kel. Napar).

Dari cabor sepak bola yakni dimenangkan dari kecamatan utara, kecamatan barat? Kecamatan timur. Dari cabor tenis meja tunggal putra u 15 yakni Iqbal Nugraha (SMP ICBS), Gilang (SMP ICBS), Fikri Halim (SMPN 1 Kota Payakumbuh), Angga Indra Saputra (SMPN 8 Kota Payakumbuh). Dan untuk tunggal putri u 15 yakni Aufa Nabila (SMPN 1 Kota Payakumbuh), Tesya (MTsN 1 Kota Payakumbuh), Ivonya (MTsN 1 Kota Payakumbuh), Annisa (SMPN 1 Kota Payakumbuh). Dan dari kategori umum putra yakni Rahmat Effendi (Kecamatan Timur), Hasanul Ikhwan (Kecamatan Utara), Irvan (Kecamatan Barat) dan Zikra (Kecamatan Utara).

Dari cabor sepak takraw regu putra u 15 yakni juara 1 dan 2 dari Kecamatan Utara, dan juara 3 Kecamatan Latina. Dan untuk kategori tingkat senior putra yakni dari juara 1 dan 2 dari Kecamatan Latina dan juara 3 dari Kecamatan Barat.

Dari cabor bola voli kategori putra u 18 yakni dari Kecamatan Timur, Kecamatan Utara, Kecamatan Selatan, dan terakhir Kecamatan Timur. Untuk kategori putri u 18 yakni dari Kecamatan Timur, Kecamatan Utara, dan Kecamatan Barat.

Dari cabor atletik dari kategori kelompok usia 12 putra yakni M. Khadafi (Kec. Latina), Rufi Rabbial Hendra (Kec. Payakumbh Barat), M. Nabi Asyurah (Kec. Payakumbuh Barat). Untuk kategori kelompok usia 12 putri yakni Swasta Ulandari (kel. Payakumbuh Utara), Kevin Pramudia (Kec. Payakumbuh Utara), Azilla Nedi Rahmawati (Kec. Payakumbuh Barat). Dan kategori kelompok usia 15 putra yakni M. Ihsan (Kec. Payakumbuh Timur), Adit (Kec. Payakumbuh Utara), dan Adibul Kholis (Kec. Payakumbuh Timur). Serta terakhir dari ketageri kelompok usia 15 putri yakni Aulia Rahmi (Kec. Payakumbuh Utara), Selviana Herman (Kec. Payakumbuh Timur) dan Yuanda Geovani (Kec. Payakumbuh Utara).

Dan terakhir dari cabor sepak bola yakni juara 1 dari kec. Payakumbuh Utara, juara 2 kec. Payakumbuh Barat dan juara 3 kec. Payakumbuh Timur.

Adapun yg hadir pada malam penutupan turnamen Gala Desa piala Kemenpora RI tahun 2017 ini hadir nya ketua DPRD kota Payakumbuh, Ketua KONI dan unsur forkopimda, camat se-kota, kepala OPD dan dari BUMD, serta para tamu undangan dan masyarakat yg hadir untuk menyaksikan langsung penutupan turnamen Gala Desa piala Kemenpora RI tahun 2017.ul