Menperin: Strategi memajukan Industri tentu menghadirkan SDM berkualitas untuk menuju Indonesia Emas


IMPIANNEWS.COM

PADANG - Menteri Perindustrian (Menperin) Agus Gumiwang Kartasasmita secara dering dalam seminar "Sawit Generasi Emas Membangun Masa Depan Berkelanjutan" mengatakan kunci Indonesia menuju lima besar kekuatan ekonomi dunia harus memajukan industri. Salah satunya memperkuat hilirisasi industri sawit dan sejalan pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) yang kompeten.

Hal itu dikatakan Menperin secara dering dalam rangka ulang tahun emas ke 50 Politeknik ATI Padang, Selasa (21/5/2024).

Menurutnya, kemajuan industri tidak bisa dilepaskan dengan pengembangan pendidikan vokasi guna mempersiapkan SDM sebagai tenaga kerja dan pelaku industri tersebut.

"Strategi untuk kemajuan industri itu tentu dengan menghadirkan SDM berkualitas melalui pendidikan vokasi yang berkualitas sebagai tenaga kerja dan pelaku industri itu," ungkapnya.

Sementara itu Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Industri (BPSDMI) Kemenperin Masrokhan mengatakan pihaknya fokus pada pengembangan SDM. Strategi yang disiapkan BPSDMI untuk Indonesia mencapai "High Income Country" diantaranya menyediakan serta mengembangkan program pendidikan dan pelatihan sesuai kurikulum dan kebutuhan terangnya.

Oleh karena itu SDM menjadi fokus utama kami, BPSDMI melalui sekolah seperti SMK atau Politeknik. Kami terus berusaha menyediakan dan mengembangkan program pendidikan dan pelatihan yang sesuai dengan kebutuhan dan kurikulum guna memberikan lulusan terbaik yang kompeten dan tentu berdaya saing global," ujarnya.

Terkait rangkaian kegiatan seminar dan Industrial Vocational Fair, bazaar dan temu industri yang dilaksanakan Politeknik ATI Padang Masrokhan menilai sangat baik. Terlihat antusias para peserta dari sekolah-sekolah dan mitra-mitra di BPSDMI Kemenperin.Rangkaian kegiatan seminar dibarengi dengan pameran sangat baik ditandai antusias pengunjung dan peserta," tuturnya

Lebih lanjut Masrokhan mengungkapkan, pihaknya juga memperkenalkan sekolah Kemenperin lebih luas dan meningkatkan minat masyarakat untuk bisa berpartisipasi langsung ke dunia industri di Indonesia.

kini animo pendaftar di sekolah Kemenperin sudah mencapai 1:3, tentu saya terus mendorong untuk bisa mencapai 1:10," ungkapnya.

Seminar dihadiri Direktur Politeknik ATI Padang, Kepala Dinas Perindustrian Provinsi Sumatera Barat dan Kota Padang serta mitra - mitra industri. 

Usai menghadiri seminar, Kepala BPSDMI mengunjungi stan - stan pameran dan bazaar di sekitar kampus ATI Padang.

Post a Comment

0 Comments