BNNP Sumbar Lirik Rawang Percontohan Kelurahan Bersinar

IMPIANNEWS.COM (Padang).

Badan Narkoba Nasional (BNN) Provinsi Sumatera Barat akan menetapkan empat wilayah kelurahan Bersih Narkoba (Bersinar) di Kota Padang. Salah satunya, Kampung KB Kelurahan Rawang, Kecamatan Padang Selatan.

Kepala Bidang Rehabilitasi BNNP Sumbar, Josra Maidi mengatakan, dalam rangka implementasi program rehabilitasi berkelanjutan, pihaknya menyasar beberapa wilayah kelurahan. Pihaknya melaksanakan program Intervensi Berbasis Masyarakat (IBM), mencakup Skrining Intervensi Lapangan (SIL), Pemulihan Berbasis Masyarakat (PBM) dan Agen Pemulihan (AP).

“Melalui program ini masyarakat turut berperan serta dalam memberikan pelayanan kepada penyalahguna narkotika sampai ke daerah yang sulit dijangkau,” kata Josra Maidi saat kunjungan ke Kelurahan Rawang, Kecamatan Padang Selatan, Selasa (28/01/2020).

Terkait dengan program itu, BNNP akan menetapkan empat wilayah kelurahan di Kota Padang. Salah satunya Kelurahan Rawang, Kecamatan Padang Selatan.

MenurutJosra, Agen Pemulihan adalah orang atau masyarakat yang tinggal di suatu lingkungan kelurahan, dan dipilih untuk diberikan pembekalan oleh BNN.

“Agen Perubahan sebagai mitra dalam melakukan pemantauan dan pendampingan kepada masyarakat. Baik masyarakat yang belum terkena penyalahgunaan narkotika maupun yang telah melaksanakan rehabilitasi agar tidak terjerumus kembali,” ulasnya.

Sementara itu Lurah Rawang Andi Amir, menyambut baik program BNNP tersebut. Pasalnya, selama ini masyarakat menilai bahwa BNN tugasnya hanya menangkap pelaku penyalahgunaan narkotika. Padahal juga ada program Rehabilitasi dan Pencegahan.

“Nanti kita akan siapkan Agen Pemulihan dari tokoh masyarakat yang memiliki pengaruh di masyarakat. Pihak kelurahan melalui DAU Kelurahan 2020 ini menganggarkan Sosialisasi Bahaya Narkotika bagi kaum milenial,” sebutnya.

Kelurahan akan membentuk Relawan dan Pegiat Anti Narkotika. “Kegiatan ini akan kita pusatkan di Kampung KB Bukik Karan dan mengintegrasikannya. Hal ini kan memudahkan untuk mewujudkan Rawang Kelurahan Bersinar,” katanya.(aa)

Post a Comment

0 Comments