Pemuda Bukit Tinggi Siap Menyonsong Bonus Demografi 2030-2040

IMPIAMNEWS.COM (Bukit Tinggi)

Pemuda Kota Bukittinggi Temu Ramah dengan Asisten Deputi Kewirausahaan Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia Drs. imam Gunawan.

MAP didampingi Sekretaris Daerah Yuen Karnova, dengan Tema "Pemuda Kota Bukittinggi dengan jiwa enterpreneurship dan leader lahip siap menyongsong Bonus Demografi 2030-2040", Selasa (19/11) di Hall Badan Keuangan Bukittinggi.

Kepala Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga Erwin Umar mengatakan, kegiatan hari ini penting dan strategis . Terutama menghadapi bonus demografi.

Tentu nya para  pemuda harus diasah, dilatih dan dibina, sehingga kemampuan sklil dan kematangan individu membuat pemuda Bukittinggi menjadi produktif dan mempunyai hidup yang lebih layak bagi masa depan nya.

Saat ini, sebagian pemuda pada tahap awal telah dilatih kewirausahaan dan diberikan modal seperti desain dan mode, UMKM perdagangan, motor servis.

Kedepan pemko lewat Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga akan tetap memberikan dan memfasilitasi kepemudaan. Dengan dukungan dari Kemenpora.

Sekretaris Daerah Kota Bukittinggi Yuen Karnova saat memberikan materi mengatakan, kewirausahaan saat ini tidaka bisa diartikan dengan kewirausahaan zaman dulu.

Apa yang terjadi saat ini jauh berbeda dari masa dulu. Semua saat ini serba internet. Saat ini zaman kaum muda. Sekarang tergantung dari kita, mau menjadi tuan rumah yang baik atau tidak.

Hari ini dunia bergerak sangat cepat tidak ada tidur. Oleh karena itu pemuda dituntut bisa menyikapi keadaan itu. Hari ini lawan kita adalah lawan lawan tidak nampak.

Saat ini bisnis berbasis platform dan tidak lagi berbasis produk. Apa itu platform? Secara sederhana contohnya aplikasi gojek. Tidak hanya menyediakan fasilitas transportasi tapi juga ada fasilitas makanan, pembayaran, pulsa dll. Jadi hari ini kalau pemuda tidak berusaha menjadi tuan rumah di dunia maya, maka kita akan tenggelam.

Bisnis hari ini tidak memerlukan toko dan kantor. Akan banyak toko yang tutup, akan banyak pekerjaan yang hilang. Kita harus berpacu disemua aspek, termasuk dibidang pendidikan.

Pemko sudah mulai menyikapi nya dengan menfasilitasi pemuda untuk mulai pindah ke aplikasi online dalam berusaha. Karena itu Yuen berharap mari kita coba bangun dan bangkit dalam menghadapi tantangan ini. Masalah hari ini harus dihadapi dengan solusi zaman kini.

Asisten Deputi Kewirausahaan Pemuda Drs. Imam Gunawan, MAP mengatakan menjadi seorang manusia maka kita adalah seorang pemimpin. Seorang manusia juga adalah pengabdi kepada Tuhan. Untuk menjadi rahmat bagi alam semesta. Kesuksesan diukur dari orang yang memiliki kemanfaatan yang besar, taat beribadah dan menjadi seorang pemimpin. Itulah misi manusia yang sukses.

Yang harus dimiliki pemuda adalah karakter mulia dan memiliki kompetensi sehingga menjadi bibit unggul. Salah satu jalan yang bisa ditempuh adalah menjadi wirausaha. Senada dengan apa yang disampaikan Sekda Yuen Karnova, Imam Gunawan sangat setuju, bahwa pemuda saat ini harus inovatif, kreatif dalam melihat peluang. Perbanyak dan perluas relasi dan komunikasi, sehingga peluang nampak dan jangan sia-siakan. (sy)

Post a Comment

0 Comments