KETUA KOMISI III DPRD LIMAPULUH KOTA APRESIASI PROGRAM NAGARI MANTAP

IMPIANNEWS.COM
Bukik Sikumpa, --- Ketua Komsi III DPRD Limapuluh Kota, Virmadona Dt,Rajo Indoputo, mengapresiasi inovasi program dan kegiatan Nagari Mandiri Tahan Pangan (Mantap) yang dilaksanakan Oleh Kelompok Tani Saiyo Sakato pada Jorong Padang Balimbiang ,Nagari Bukik Sikumpa Kecamatan Lareh Sago Halaban, Limapuluh Kota , dalam mewujudkan masyarakat yang mandiri dalam segala aspek kehidupan, termasuk aspek ekonomi, pendidikan, kesehatan, sosial dan lainnya. Semua kebutuhan masyarakat, mulai dari sandang, pangan hingga papan dapat terpenuhi.

"Saya sebagai anak Nagari Bukik Sikumpa sangat berbangga terhadap inovasi-inovasi yang dilakukan oleh Kelompok Tani Saiyo Sakato dalam hal ikut mendorong peningkatan partisipasi masyarakat di dalam Nagari Bukik Sikumpa terutama melalui program pembangunan NAGARI MANTAP ini yang dengan sendirinya akan mempunyai dampak membuat rakyat cukup pangan, menurunkan angka kemiskinan dan mengangkat kesejahteraan petani “ ujar Virmadona Dt,Rajo Indoputo yang berkunjung ke Kelompok Tani Saiyo Sakato, Kamis (7/11/2019) dalam rangka melaksanakan fungsi pengawasan Komisi III terhadap pelaksanaan program dan kegiatan oleh OPD yang bermitra dengan Komisi III.

Ikut serta dalam kunjungan ini anggota Komisi III DPRD Limapuluh Kota, Zukron.B.Ac (Wakil Ketua), Alia Efendi (Sekretaris),Irwin Idrus, H.Ermizal Jalinus dan Gusti Randa, yang di damping oleh Saiful.SP Kabag Fasilitasi Pengawasan dan Anggaran DPRD Limapuluh Kota. OPD Mitra Dinas Pangan Sekretaris Elfi Rahmi, dr.Rahmawati (Kabid Ketersedian Distribusi dan Kerawanan Pangan), Camat Lareh Sago Halaban Drs.Eflizen dan Wali Nagari Bukik Sikumpa Zulfakhri Utama Putra.

Ditambahkannya” karena Komisi III yang berkaitan erat dengan pengembangan sistem NAGARI MANTAP diharapkan stakeholder yang mendukung dapat melaksanakan secara terpadu dan terintegras dengan menjalin koordinasi lintas sub sektor dan sektor (Pertanian, Peternakan, Perikanan serta sektor lainnya untuk mendukung pembangunan dan pengembangan sarana dan prasarana di nagari, masalah pendanaan kami dari Komisi III akan terus mendukung karena hal ini merupakan Visi dan misi Pemerintah Daerah yang telah tertauang dalam RPJMD 2016-2021“ tukuk Virmadona Politisi Muda dari Partai Gerindra pilihan rakyat Lareh Sago Halaban yang terkenal santun dan akrab bersama rakyat.

Sementara H.Ermizal Jalinus dari PPP mengharapkan Kelompok Menjaga kerjasama yang baik dan kekompakan 

“Biasanya semakin maju kelompok, banyak hal rintangan dan ganguan yang dialami baik dari anggota maupun dari luar anggota, untuk itu pengurus dan anggota selalu menjaga harmonisasi dan kekompakan agar tujuan dari kelompok tercapai “ ujar Ermizal Jalinus tokoh dari PPP.

Program itu, lanjut Ermizal, harus berjalan dengan baik, agar tujuannya untuk membangun ekonomi masyarakat berbasis pertanian dapat tercapai sesuai harapan. Setiap Organisasi Perangkat Daerah (OPD) diharapkan cepat tanggap menangkap setiap peluang peningkatan potensi yang ada di nagari termasuk menggaet berbagai program dan kegiatan dari Pemerintah Pusat, Pemerintah Provinsi untuk dialokasikan di nagari-nagari.

Sementara, Sekretaris Dinas Pangan Kabupaten Limapuluh Kota, Elfi Rahmi dalam laporannya mengatakan program NAGARI MANTAP ini merupakan salah satu alternatif solusi pembangunan nagari sesui yang sudah tertuang di dalam RPJM Kabupaten Limapuluh Kota tahun 2016-2021.

“Program NAGARI MANTAP ini tujuan Khusunnya adalah : Mengembangkan cadangan pangan masyarakat, meningkatkan daya beli masyarakat terhadap pangan dengan memperhatikan potensi dan karakteristik nagari, meningkatkan akses transportasi dan informasi masyarakat, Dan meningkatkan derajat kesehatan dan pendidikan masyarakat. Sementara lokasi Kegiatan Pada tahun 2019 terdapat pada 4 (empat) Nagari, yaitu : Nagari Bukik Sikumpa (APBD Provinsi), Nagari Kurai (APBD Kabupaten), Nagari Tanjung Bungo (ApBD Kabupaten) dan Nagari Tungka (APBD Kabupaten).” Ujar ELfi Rahmi.

Kemudian Ketua Kelompok Tani Saiyo Sakato K.Susanti dalam ekpose terhadap bantuan yang telah diterimanya.

“Untuk mendukung kegiatan Pengembangan Nagari Mandiri Tahan Pangan, kami telah menerima sejumlah bantuan diantaranya : Pada Tahun 2018 adalah Pembangunan Warung PAMAN (Pangan Mandiri) Senilai Rp.27.000.000,- berikut pengisian mobilernya senilai Rp.25.000.000,-. Juga Pembangunan Fisik Lumbung Pangan dan Lantai Jemur senilai Rp.156.000.000,-. Dan pada tahun 2019 bantuan pengisian Gabah Kering Giling sebanyak 3.278 Kg yang senilai Rp.20.000.000,- Dan bantuan dalam bentuk Bibit Jeruk 900 batang, Pepaya 200 batang, Manggis 200 batang dan bibit ikan berserta pakannya serta ayam Kampung 200 ekor betina dan 20 ekor Jantan“ tutur Susanti.

Ditambahkannya “Dengan adanya warung Pangan Mandiri (Paman) di Kelompok Saiyo Sakato sangat membantu bagi anggota dan masyarakat sekitarnya dalam hal menyiapkan kebutuhan belanja pangan masyarakat sehari-hari serta dapat menyejahterakan para petani, hingga membuka peluang kerja bagi warga Jorong Padang Balimbiang melalui unit usaha warung pangan “Tukuk Susanti.(014)

Posting Komentar

[blogger]

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.