Pemko Payakumbuh Bentuk Gugus Tugas Penghematan Energi Pemerintah

IMPIANNEWS.COM
Payakumbuh, --- Walikota Payakumbuh Riza Falepi melalui Bagian Perekonomian Sekretariat Daerah melakukan pembentukan gugus tugas penghematan energi dan air di setiap gedung pemerintahan di kota Payakumbuh. 

Pembentukan gugus tugas ini mengacu kepada Intruksi Presiden Nomor 13 Tahun 2011 tentang penghematan energi, dan keputusan Gubernur Provinsi Sumatera Barat Nomor : 188.4/52/EKTL/DESDM-2018 tentang penghematan energi dan air, serta dilanjutkan surat keputusan walikota Payakumbuh Nomor : 005/700/Pereko-Pyk/2018 tanggal 7 september 2018 tentang penghematan energi dan air, ungkap Kepala Bagian Perekonomian Sekretariat Daerah kota Payakumbuh Arif Siswandi di aula Randang lantai 2 Balaikota ex. Poliko, Jumat (11/10/2019).

Dilanjutkan, Melalui kegiatan rapat koordinasi (rakor) ini, kami berharap bisa dijadikan sebagai momentum dalam pembuatan laporan penghematan energi dan air serta pembentukan gugus tugas hemat energi dan air di masing-masing instansi," katanya.

Dijelaskan dia, energi dan air merupakan kebutuhan utama dalam kehidupan sehari-hari, ketersediaan energi dan air khususnya air bersih sangat terbatas, sedangkan kebutuhan energi dan air bersih terus meningkat seiring dengan meningkatnya jumlah penduduk dan meningkatnya jumlah penduduk dan masyarakat yang sejahtera.

Pemerintah sebagai pelopor hemat energi dan air harus segera berbenah dan menyiapkan diri, di mana setiap instansi pemerintah harus membuat laporan penghematan energi dan air yang dikoordinir oleh Sekretariat Daerah.

Dan setiap instansi harus memiliki gugus tugas sehingga kantor pemerintah bisa menjadi contoh dan sebagai pelopor dalam konservasi energi dalam melakukan penghematan energi dan air.

Kepada para peserta rakor, diharapkan dia pada kegiatan pertemuan ini tidak hanya dalam tataran diskusi, tetapi yang terpenting tindakan nyata di dalam kehidupan sehari-hari, baik dilingkungan kantor maupun di rumah dan masyarakat.

Sekretaris Daerah kota Payakumbuh Rida Ananda, mengatakan atas nama Pemerintah Kota (Pemko) Payakumbuh menyambut positif kegiatan rapat koordinasi gugus tugas air dan energi di kota Payakumbuh, yang akan membawa dampak positif khususnya kepada para peserta rakor dengan harapan semua peduli terhadap kelestarian energi di lingkungan sekitar.

"Energi merupakan aset berharga bagi masa depan, dengan pemanfaatan yang bijak dan optimal, maka energi akan memberikan manfaat yang maksimal, namun tidak hanya sekedar memanfaatkan energi saja, tetapi juga dituntut untuk bisa melakukan penghematan energi," katanya saat menyampaikan pernyataan tertulis Walikota Payakumbuh Riza Falepi. 

Menurut dia, penghematan energi atau konservasi energi adalah tindakan mengurangi jumlah penggunaan energi, penghematan energi dapat dicapai dengan penggunaan energi secara efisien sehingga dapat menyebabkan berkurangnya biaya serta meningkatnya nilai lingkungan, keamanan dan kenyamanan.

Selain itu, penghematan energi merupakan bagian penting dari mencegah atau mengurangi perubahan iklim dan juga memudahkan digantinya sumber-sumber tak dapat diperbaharui dengan sumber-sumber yang dapat diperbaharui.

Penghematan energi sering merupakan cara paling ekonomis dalam menghadapi kekurangan energi dan merupakan cara yang lebih ramah lingkungan dibandingkan dengan meningkatkan produksi energi.

Panitia penyelenggara Elfian, mengatakan maksud dan tujuan rakor ini untuk meningkatkan pengetahuan dan pemahaman tentang konservasi energi dan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

"Setelah kegiatan ini para peserta juga dapat membuat laporan penghematan energi dan air serta dapat membentuk gugus tugas pada masing-masing instansi pemerintah di Kota Payakumbuh," katanya.


Adapun peserta rakor terdiri dari seluruh perwakilan setiap instansi pemerintahan daerah kota Payakumbuh.(rel/ul)

Posting Komentar

[blogger]

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.